Kemeriahan Grebeg Sudiro 2015 di Solo

7

Grebeg Sudiro adalah akulturasi perayaan antara masyarakat Tionghoa dan Jawa. Sebenarnya, perayaan ini adalah pengembangan dari tradisi Tionghoa, yaitu Buk Teko ini karena adanya generasi baru akibat perkawinan campuran antara suku Tionghoa yang menetap di kawasan tersebut dengan masyarakat setempat. Acara untuk menyambut imlek ini dilaksanakan di Kelurahan Sudiroprajan, tepatnya di kawasan Pasar Gede.

Tahun ini, Grebeg Sudiro dilaksanakan pada 15 – 18 Februari 2015. Acara yang dihadiri oleh puluhan ribu manusia itu berlangsung harmonis tanpa masalah. Diusung dengan tema ‘manunggaling budhaya nguri-uri luhuring bangsa‘, acara ini sukses membuat lautan manusia tidak beranjak.

3

Saya mengikuti acara ini sejak dibunyikannya drum band oleh anggota TNI yang bergabung dalam Sasana Naga Doreng. Ya, sungguh indah musik yang dibawakannya. Mereka selalu bisa menghadirkan suasana ceria bagi penonton. Setelahnya, mereka menampilkan aksi barongsai dan leang-leong.

Setelah kedua aksi itu selesai, petugas pengamanan langsung meminta penonton untuk mundur kembali. Akibat ulah mereka yang terlalu maju untuk menonton, saya kembali mundur untuk menyaksikan proses doa atau pencipratan air ke kue keranjang dan beberapa makanan tradisional.

Rasanya tidak bisa bernapas lega mengikuti jalannya acara ini mengingat lautan manusia ada di belakang dan di depan saya. Meski terhitung jarak dekat dari pertunjukan, tetap saja. Tinggi saya yang kecil hanya mampu menjinjit sedikit untuk mengambil gambar.

4

Tak hanya Sasana Naga Doreng, tetapi juga Macan Putih Sudiro dan Makin Solo menampilkan barongsai dan leang-leongnya usai prosesi pencipratan ke beberapa makanan tersebut.

Karena terlalu lama pertunjukan tersebut, saya pun berkeliling mengitari sekitaran area Pasar Gede. Ternyata masih banyak peserta yang belum tampil.

6

Menarik sekali ketika melihat budaya tionghoa dan budaya jawa dapat berpadu menghasilkan acara cantik seperti ini. Kita bisa menambah pengetahuan dan mengetahui hal-hal unik dari setiap seni yang ditampilkan.

Kabarnya, ada 4.000 kue keranjang yang dibagikan pada acara tahun ini. Sebelumnya, kue tersebut diletakkan di Jodang (tempat menaruh tumpeng atau hasil bumi). Acara yang berbentuk karnaval ini berute dari Pasar Gede – Jl. Jenderal Sudirman – Jl. Mayor Sunaryo – Jl. Kapten Mulyadi – Jl. R.E. Martadinata – Jl. Cut Nyak Dien – Jl. Ir. H. Juanda – Jl. Jenderal Urip Sumoharjo.

Partisipasi masyarakat sangatlah baik, mereka mampu menampilkan hasil karya terbaik mereka. Tarian daerah, barongsai, dan kebudayaan setempat berpadu dengan cantiknya. Pertunjukan dari Sasana Naga Doreng, Makin Solo, dan warga setempat menjadi bumbu yang pas untuk menghasilkan atraksi menarik.

Advertisements

26 thoughts on “Kemeriahan Grebeg Sudiro 2015 di Solo

  1. Wah euforia nya pasti kerasa banget ya sampe sekarang, apalagi itu semacam acara perayaan daerah gitu. Keliat adem juga kalo dua kebudayaan yg beda di kolaborasiin gitu.

    Baru main kesini nih, salam kenal ya.

  2. Kalau acara grebeg selalu bejubel orang yg lihat, sampai sekarang saya belum kesampaian utk melihat lgs acara grebeg yg ada di JOgya

    @ririekayan

  3. Kayaknya rame banget ya acaranya sampe pada penuh sama orang-orang gitu? Aku kalo penuh gitu suka males dateng deh. Apalagi suasananya lagi panas. Mungkin yang datang ke sana juga lumayan ya dapet kue keranjang. Itu emang enak! Eh ini kenapa jadi nggak nyambung ya komennya-_-

    Btw, kamu kok nggak selfie di sana? *ini pertanyaan juga nggak penting*

    Intinya komentar aku ini nggak penting ya. Tapi udah disend juga sih ya udahlah ya. Salam kenal!

  4. Kayaknya acaranya di solo doangan yak?
    gue kirain acara grebek suro itu. eh, ternyata beda acara.
    asyik aja sih, jawa dan tionghoa dicampur gtu. keren.

    psti bnyak penontonnya. sapa tau ketemu jodoh

Silakan berkomentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s