Putih di Kawah Sikidang Dieng

Salah satu peninggalan gunung berapi yang cantik adalah kawah. Begitu pun dengan Kawah Sikidang di kawasan Dieng Plateau. Kawah yang berada di Kab. Banjarnegara ini memiliki pesona luar biasa yang sangat menarik. Benar-benar membuat saya terpana saat tiba di areal kawah yang terbaur dengan gas belerang ini.

image

Iklim dingin yang dipadu dengan cuaca panas, begitulah yang saya rasakan di tempat ini. Memang aneh karena di sekitar kawah memiliki hawa panas sedangkan di area kawah dingin merasuk.

Deretan tanah putih membuat saya belum beranjak dari tempat saya, di bukit putih tak jauh dari air berbelerang. Memang di tempat ini asyik sekali untuk bermanja dengan mentari dan pemandangan karena background putih, biru, dan hijau dapat kita temui secara langsung.

Karena letaknya yang jauh dari kota, kawah ini menjadi istimewa, seakan berbatas. Mungkin karena bentuknya yang kecil dan daerah tumpahnya juga sebatas sedikit.

Banyak pedagang mengelilingi kawah ini, sebagian besar adalah pedagang makanan. Ada pula persewaan kuda untuk berfoto sehingga kita bisa mengabadikan moment seru di kawah ini.

Selain itu ada pula yang berdagang telur rebus kawah. Baik telur ayam maupun telur puyuh dapat kita jumpai. Sebenarnya rasanya sama dengan telur rebus biasa, namun karena direbus dengan air belerang di kawah, maka sensasi makannya jadi berbeda.

Pedagang carica, kentang dieng, dan cabai dieng adalah yang paling laris. Ya, bentuknya yang unik dan rasanya yang khas menjadikan hasil pertanian dari dieng ini terkenal.

Salam,
^_^

2 thoughts on “Putih di Kawah Sikidang Dieng

Silakan berkomentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.