Pesan Tidak Berbalas?

Ada rasa sebal, jengkel, gelisah, khawatir, atau hal lain semacam itu ketika pesan yang kita kirimkan tidak terbalas. Mungkin bagi kita itu penting, tetapi belum tentu si penerima pesan menganggap bahwa itu penting sehingga belum atau bahkan tidak terbalas. Tapi jangan marah dulu, kita instrospeksi diri. Bisa jadi, pernah kita juga membuat orang seperti itu atau membuatnya menunggu atau bahkan penasaran sama sekali. See? Di sini hukum alam akan berlaku.

Pernah suatu ketika saya mengirim pesan pada teman. Isinya pertanyaan semua, karena ada beberapa pesan. Menurut saya, jawaban dari pertanyaan yang saya ajukan ini penting.  Karena saya butuh konfirmasi secepatnya. Saya lihat teman yang saya kirimi pesan itu juga kebetulan sedang online, sehingga saya menunggunya. Semenit, dua menit, hingga lima menit belum terbaca dan status teman saya juga masih online. Saya jadi berpikir, “Mungkinkah orang ini tertidur?” Tapi saya rasa juga tidak. Mungkin dia sedang ada kepentingan lain. Akhirnya saya pasrah dan menutup lini pesan dan mulai mengerjakan hal lain. Beberapa puluh menit pun berlalu. Akhirnya saya buka kembali lini pesan. Ternyata pesan sudah terbaca, tetapi sayangnya tak ada satupun yang terjawab pertanyaan saya. Rasanya memang marah, kesal, dan sangat tidak enak sekali. Semua bercampur menjadi satu.

Sebenarnya, hal tersebut di atas mengapa sih bisa terjadi? Ya memang ada banyak alasan. Untuk itu, saya akan mencoba mengulas sedikit di sini berdasarkan pengalaman saya.

1. Malas

Mengapa malas? Bisa saja karena memang hanya ingin membaca pesan saja, atau sebenarnya ada perasaan ingin membalas pesan tetapi nanti. Hal ini bisa saja terjadi, dalam kondisi apapun. Ketika kondisi mendesak, mungkin pesan yang dikirim hanya akan dibaca sehingga jika sebagai penerima tidak bisa menunggu, maka uhtanggap saja ini adalah sarana untuk melatih sabar.

2. Tidak Minat Ngobrol

Sudah kehabisan topik, kemudian hanya ‘haha-hihi’, bahasa singkat, dan ingin mengakhiri percakapan adalah kode jika seseorang sudah akan tidak minat ngobrol. ini

3. Bingung Mau Menjawab Apa

Bisa jadi loh.

4. Memang Tidak Mau Membalas

Nah, ini juga berkaitan dengan nomor dua di atas. Karena tidak minat ngobrol menyebabkan seseorang jadi malas membalas pesan, kemudian ditinggalkan dan tenggelam.

5. Takut Salah

Ini berkaitan dengan bagaimana topik obrolan dan bagaimana menyikapinya. Meski terkesan biasa, tetapi itu tergantung juga pada setiap orang.

6. Lupa

Bagaimana bisa? Ya bisa, contohnya orangnya benar-benar sibuk sehingga tidak membuka pesan dan akhirnya pesan tenggelam. Ini benar-benar terjadi, saya pernah mengalaminya.

Silakan berkomentar :)

