Ingatlah Niat

– Selalu ada keinginan. Tetapi kadang ketika memulai, hal tersebut terasa berat. Malas atau belum terbiasa? –

Kalian pernah mengalami hal tersebut, saya juga pernah. Tetapi tidak selalu. Terkadang hal tersebut terjadi pada kegiatan-kegiatan tertentu saja. Namun, kita bisa menepis hal tersebut. Kita akan memaksakan diri, mencoba memulainya, memulai menyenanginya, dan bertingkah seolah-olah tidak ada apa-apa.

Ketika kita akan memulai sesuatu, ingatlah niat kita pertama kali. Ingat tujuan kita mengapa melakukan hal tersebut. Jika baik, maka akan berbuah baik. Maka sebaiknya, kita harus berdoa dan memasrahkan kepada Allah ketika kita sudah berusaha untuk hal tersebut. Ingatlah bahwa kita melakukan hal tersebut juga untuk mencari ridho Allah.

Hal lain, jangan lupakan kedua orang tua kita yang menunggu kabar baik. Kita melakukan sesuatu juga karena restu orang tua. Restu orang tua juga restu Allah. Jika orang tua merestui, maka Allah akan lancarkan usaha kita.

Memang semua berawal dari paksaan. Seperti halnya kita bangun pagi. Jika tidak dipaksa, nanti akan molor atau biasa disebut kesiangan bangun, meski suasananya masih pagi. Kita belajar. Kalau tidak dipaksa belajar, kita tidak akan mendalami, apalagi sampai tahap bisa meneliti atau menciptakan ilmu sendiri.

Jika seseorang belum terbiasa dengan sebuah pekerjaan, maka ia akan ‘aras-arasen’ untuk melakukan pekerjaan tersebut. Maka perlu ada penyesuaian, pelatihan, dan pemaksaan agar terbiasa.

Berbeda dengan malas. Jika seseorang malas atau bahasa gaulnya adalah mager, maka ia akan melakukan sesuatu tetapi seperti orang yang tidak ingin atau linglung atau berat.

Tetapi yang lebih penting dari semua itu, seperti yang sudah ditulis di atas bahwa kita harus ingat niat awal, tujuan awal kita, dan mencari ridho Allah.

Advertisements

Silakan berkomentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s