Teringat Dengan Seorang Dosen

Dulu saya memiliki seorang dosen yang namanya Dokter Hadi, seorang dokter spesialis penyakit dalam. Salah satu dosen favorit semua mahasiswa karena sabar dan berwawasan luas. Usianya memang sudah 60 tahunan, tapi masih terlihat bugar dan bisa beraktivitas seperti biasa. Bahkan untuk ke kampus, menyetir mobil sendiri pun bisa. Tubuhnya pun masih tegap. Bahkan garis tua tak terlihat (tidak terlihat tua). Namun sebagai dokter, auranya sangat terlihat. Ini sangat menakjubkan. Kemudian, apa rahasia beliau sehingga bisa seperti itu? Nah, saya juga penasaran. Karena sesungguhnya saya sendiri juga penasaran.

Pernah beliau bercerita bahwa setiap pagi beliau suka olahraga, kira-kira satu jam untuk berkeliling kompleks rumahnya. Setiap hari, beliau menyempatkan waktu hingga sekitar satu jam untuk berolahraga, lari atau jalan. Kebiasaan beliau ini sudah terbentuk sejak usianya muda. Hingga untuk menjalankannya di usia tua, beliau tidak kesulitan.

Beliau ini juga lebih suka minum air putih. Terbukti saat akan mengajar, saya dan teman-teman saya pernah menunggui beliau di depan kampus karena kami sudah melihat mobilnya, tetapi tidak menemukan beliau di kampus. Ternyata setelah bertemu di depan kampus, kami baru tahu kalau beliau dari warung seberang kampus dan membawa sebuah botol air. Beliau ini termasuk dosen yang kalau di kelas suka minum. Tapi sih, perasaan saya hampir semua dosen juga bawa air minum ketika mengajar. Beliau juga bercerita bahwa beliau lebih suka minum air putih dibandingkan air-air lainnya.

Sebagai seorang dokter, tentunya pola makan juga menjadi perhatian. Mengingat beliau memiliki ilmu tentang penyakit, maka beliau juga sadar bahwa ada penyakit juga disebabkan oleh pola makan. Oleh karena itu, beliau menerapkan makan makanan sehat dan bergizi seimbang. Beliau makan secukupnya dan bervariasi. Meski memiliki banyak pasien, namun beliau juga memperhatikan kondisinya.

Pola hidup sehat yang dilakukan beliau seharusnya bisa menjadi contoh bagi kita, terutama yang masih muda. Malu kan, kalau yang tua masih segar bugar sedangkan yang muda sakit. Yuk, terapkan pola hidup sehat  mulai dari sekarang. Jangan hanya niat, tetapi juga bukti. 🙂

Advertisements

Silakan berkomentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s