Malas Mengisi Blog

Untitled

salah satu blog saya

Beberapa hari ini saya ‘kurang fokus’ dalam hal ngeblog. Seperti contohnya, saya menelantarkan blog. Hanya membuka dashboard, mengecek jumlah pengunjung atau melihat komentar yang masuk tanpa melakukan apapun. Terkadang sambil membuka post, mengecek apakah masih ada draft atau tidak. Yah, seperti itulah maksud saya menelantarkan blog. Terlebih sekarang saya sering telat membalas komentar yang masuk, seperti saya mengumpulkannya dalam waktu beberapa hari kemudian membalas komentar dengan masuk ke postingan saya yang dikomentari, baru saya membuka kolom notifikasi untuk mengecek yang lain-lain. Terkesan egois, ya? Tapi itulah saya saat ini, sedang ingin begitu. Namun jangan takut, nanti saya blog walking, kok. Ya meski begitu adanya, hihihi.

Saking jarangnya saya mengisi blog yang lain, saya sampai tidak mengisinya satu bulan. Yah, seperti itulah jika tidak ada jadwal rutin untuk mengisi blog. Tidak seperti blog ini, blog lain hanya digunakan ketika saya butuh dan saya ingin. Terkadang kalau ingat ya diisi, kalau tidak ya dianggurkan. Aduh, itu sayang sekali, bukan? Seperti contohnya blog yang di atas. Beralamat di sini, blog yang saya buat dari maret 2010 ini hanya berisi segelintir post yang bisa dihitung dengan jari. Menyedihkan? Iya. Meski tulisan terakhir terpublish pada 1 Februari 2016, bukan berarti saya mengisinya dengan rajin.

Setidaknya ada beberapa alasan yang membuat saya jarang mengisi blog, seperti keasyikan browsing berita ketika sudah membuka browser, padahal niat awal mau posting di blog. Meski sudah ada draftnya, untuk mengopi-paste saja jadi hal yang susah karena tulisan di draft belum tentu benar semua, terkadang saya harus membenahi typo dan beberapa bahasa penulisan agar enak dibaca. Ya begitulah, katanya saya muluk-muluk kalau sudah menyangkut tentang tulisan. Yang inilah, yang itulah. Saya pun menyadari bahwa ini blog, dan bahasanya bisa seenak saya karena saya yang punya, saya yang mengelola. Tetapi saya tidak mau kalau saya menggunakan bahasa yang tidak enak dibaca, saya lebih senang bahasa yang seperti ini. Meski terkadang ingin sesekali menggunakan bahasa gaul, tetapi ada porsinya dan pikir-pikir lagi.

Blog lain saya, yaitu Spirit! adalah blog yang berisi tentang kata-kata abstrak, sering kali ketika saya sedang rajin, saya bisa mengisinya hampir setiap hari. Saya menuliskan di situ dengan penuh pemikiran, meski terkadang isinya juga hanya ingin ditulis, tetapi kebanyakan tulisan di situ penuh pemikiran. Atau terkadang saya menuliskannya ketika sedang mengantuk berat sehingga yang tersisa hanyalah kata-kata yang sedikit dengan maksud absurd tanpa pengertian mendalam. Ada yang menyukai tulisan saya, saya bersyukur karena masih ada yang mau membaca tulisan abstrak saya. Haha.. Terkadang saya sedih sendiri melihat tulisan saya yang masih berantakan. Tapi ya, apa boleh buat?

Sebenarnya saya pernah menuliskan tentang blog-blog saya di sini. Namun di sana, saya hanya menuliskan tentang bagaimana blog itu. Dan di sini, saya ingin menuliskan tentang sedikit lebih detail blog-blog saya tersebut. Saya mengerti bahwa memiliki banyak blog itu tidak mudah bagi sebagian orang, termasuk saya sendiri. Oleh karena itu mungkin hanya blog tertentu saja yang diurusi, sehingga blog lain seperti serasa dianggurkan. Maka solusinya adalah, kita perlu memiliki jadwal ngeblog agar teratur. Seperti itulah. Kita tidak kehilangan pembaca, tetap bisa ngeblog, dan blog walking juga jalan terus.

Terkadang saya merasa menyesal jika tidak mengisi blog, terkadang pula ada pikiran ‘mengapa membuat blog ini’. Termasuk blog yang satu ini, 🙂. Mungkin awalnya karena banyak teman yang memiliki blog di platform itu sehingga saya ikut-ikutan ingin punya akun di situ juga. Tetapi sekarang saya jadi tidak menyesal kembali, karena saya semakin menyadari apa yang namanya niche blog. Meski tak sepenuhnya menerapkan, karena Cheese Blog ini juga merupakan blog gado-gado atau tulisannya mengenai tema campuran, tetapi pelan-pelan saya sadar untuk mulai memilah-milah blog saya. Termasuk blog yang satu itu, saya ingin memfokuskannya untuk menulis ‘tentang tulisan’. Entah kapan akan mulai ngeblog di situ kembali, yang jelas ada rencana untuk meramaikan blog yang satu itu.

Banyak platform blog populer, salah satunya adalah kompasiana. Dan saya memiliki akun di situ. Termasuk jarang untuk di isi, namun akhir 2015 lalu saya mengisinya ketika bertepatan dengan momen hari ibu. Maksud saya memiliki akun di situ hanya untuk menyalurkan ide tulisan yang kadang terlalu banyak untuk dibahas di Cheese Blog ini. Jadi tak jarang tema tulisan akan sama. Namun, bedanya adalah saya membagi tulisan. Jadi mungkin tulisan di sini akan berbeda dengan tulisan di sana meskipun temanya sama. Untuk apanya, mungkin saya akan membuat akun kompasiana untuk menuliskan tetang hari-hari besar saja atau tulisan yang menurut saya bagus untuk menyemangati atau semacamnya.

Personal blogger memang sudah banyak, dan saya pun adalah salah satunya. Berpegang dengan blog ini, saya pun menceritakan kegiatan maupun perasaan saya di dalamnya. Meski saya sendiri kadang kurang mengerti tentang apa yang saya tulis, tetapi intinya di sini saya bercerita tentang keseharian saya. Dan seperti biasa, saya jarang mengisi blog ini. Bukan karena malas, tetapi karena saya sendiri juga bingung mau mengisi apa. Hah.. Untuk blog ini saja diusahakan, tetapi untuk blog lain? Jangan salah. Saya juga mengusahakannya, meski pada akhirnya hanya mengisi blog ketika ingin atau dengan cerita abstrak. Namun sekali lagi, di blog tersebut isinya adalah cerita saya.

Tipe blog dengan genre food blog juga sudah banyak. Kemudian saya mencobanya dan menelurkan sebuah blog yang namanya Tentang Tempat Makan. Saya sendiri bingung mau mengisi blog ini dari mana. Sampai sejauh ini, hanya ada lima tulisan di dalamnya. Saya belum menambahkannya lagi. Mungkin nanti akan ada informasi tentang tempat makan yang biasa-biasa saja, maaf. Tetapi itu yang pernah saya kunjungi. Dan saya belum memikirkan kembali tentang konsep apa nantinya yang akan ada di blog tersebut. Hanya saja untuk tempat makan yang akan ditulis, sebenarnya saya sudah punya banyak draft em..dikepala saya. hahaha.

Baiklah, saya rasa untuk berceloteh saya sudah cukup banyak dan panjang lebar di sini. Intinya, terkadang saya merasa belum ingin mengisi blog ketika saya sedang keasyikan browsing dan lebih memilih browsing daripada membersihkan blog yang mungkin sudah banyak sarang laba-labanya. Atau mungkin, saya sendiri bingung karena tema yang akan saya masukkan ke blog masih ‘awang-awang’ buat saya. Tetapi sekarang, saya akan mencoba untuk yakin dalam hal mengisi blog. Karena blog ini punya saya, saya adminnya, maka saya berhak apapun dengan blog saya. Hahaha.
Salam,
^_^

Silakan berkomentar :)

