My Story About Internet Network (and a little at My Place)

Berbicara mengenai jaringan internet itu merambat ke banyak hal. Mulai dari kuota sampai provider. Dan saat ini, saya menggunakan provider internet dari seluler. Ada telkomsel (si merah) dan ada tri (si oranye-hitam). Awalnya sih bukan itu, tetapi untuk saat ini saya menggunakan itu. Dan dibalik keduanya menyimpan cerita tersendiri. Terlebih si merah yang jaringannya baik jika digunakan di daerah pegunungan (contoh : di Sangiran hanya mendapat signal si merah, di daerah Pegunungan Menoreh signal si merah juga yang paling juara).

Sebagai orang yang suka online, terlebih blogger, youtuber, atau apalah istilahnya, jaringan internet itu sangat penting sekali. Saya menggunakan internet dari si oranye-hitam itu sudah lama. Sekarang, saya menggunakan paket internet 9GB yang dibeli lewat voucher dengan harga Rp 120.000,-. Menurut saya sih murah. Karena kalau dibeli lewat pulsa, harganya Rp 150.000,-. Jadi lebih baik beli voucher, karena Rp 30.000,- itu sudah bisa untuk beli makan banyak, hehe.. 😀 Untuk si merah, karena saya juga masih bingung dengan paketannya, saya menggunakan paket flash >30 hari yang saya belum ingat harganya. Biasanya saya menggunakan paket flash 2GB yang harga Rp 80.000,- (kalau di kota) dan harganya berbeda setelah saya masuk di Blora menjadi Rp 87.500,- lewat pulsa tentunya.

Saya pernah mendengar jika paket internet unlimited itu memiliki kecepatan akses yang lama, sedangkan paket internet dengan kuota lebih cepat untuk mengakses internet. Ya, bagi saya tidak masalah. Yang penting bisa ngeblog. Em.. Tapi tidak begitu juga sih. Saya kurang tahu ini benar atau tidak, karena selama ini saya menggunakan paket kuota. Dan untuk masalah kecepatan sih, sama saja. Kalau memang di daerah susah signal jadi loading lama. Dan untuk perbandingan si oranye-hitam dengan si merah, pasti menang si merah dong. Jika hujan, maka kecepatan akses internet akan menjadi agak lambat. Dan benar saja, saya juga kadang merasakannya.

Sepertinya sih saya belum pernah menggunakan wifi.id, ya. Dulu waktu saya kuliah, diberi fasilitas internet dari kampus tidak saya pakai karena kehilangan username dan password (untuk mengurus lagi juga tidak, karena jarang bawa laptop. tapi lama-lama sadar juga manfaatnya). Karena daerah rumah saya agak lumayan jauh tetapi dekat (alah, bahasanya) dengan lapangan sepak bola, dan area tersebut merupakan area wifi.id, maka tak jarang signalnya sampai ke rumah saya (ya meski dengan tanda pentung sih, tapi kan sampai. hahaha). Tapi tetap saja, belum pernah saya memakai fasilitas wifi.id.

Dulu saya sempat menggunakan telkom speedy. Sebenarnya jaringannya sudah bagus dan saya puas. Tetapi karena sekarang saya menggunakan si merah dan si oranye-hitam, disyukuri saja apa yang ada. Kalau yang si merah, saya memang taruh di hp bersama dengan si kuning (indosat). Kenapa? Karena kadang si kuning lemot. SMS saja, baru masuk rombongan ketika tengah malam saat jaringannya bermasalah. Dan saya pernah menggunakan si kuning untuk internetan di rumah, hasilnya dia lebih lemot dibanding si oranye-hitam. Sedangkan si merah, saya sering hotspot gitu. Dan memang jaringannya bagus. Kalau si oranye-hitam kan saya pasang buat wifi. Hehe..

Saat ini, saya menggunakan internet dari si merah untuk mengupload tulisan ini. Tadi saya menyalakan si oranye-hitam, tapi tanda pentung dan tidak bisa loading. Saya suka-suka saja menggunakan jaringan internet dari nomor seluler (semacam si merah), karena itu yang saya gunakan. Jadi no comment untuk yang lain.

Warnet adalah tempat penyedia layanan internet yang ramai dikunjungi. Tapi sekarang saya lebih memilih hotspotan lewat hp atau wifian menggunakan si oranye-hitam. Tapi, warnet itu berbeda dengan layanan internet kecamatan yang ada di kantor pos, ya. Ingat itu! Hahaha.. Tantangan menggunakan paket internet di Blora adalah, jaringannya belum 4G meski saya pernah melihat ikon 3,5G di hp saya dengan jaringan si kuning.

Karena saya menggunakan dua provider internet, maka saya lebih suka menggunakan si merah. Tapi dengan harga yang mahal, maka saya prefer si oranye-hitam untuk nonton online video di youtube. Ya, kalau untuk nonton video sih sama-sama tidak ada masalah kok.

27 thoughts on “My Story About Internet Network (and a little at My Place)

  1. Orange-Hitam itu yang mana ya? Masih mikir warna provider nih, hehehe
    Kalau saya dulu mau setia satu provider tetapi susah karena punya kelebihan dan kekurangan masing-masing

  2. Orange-Hitam itu yang mana ya? Masih mikir warna provider nih, hehehe
    Kalau saya dulu mau setia satu provider tetapi susah karena punya kelebihan dan kekurangan masing-masing

    @amma_chemist

  3. Saya pernah pakai paket flash 4GB saat pengisian PUPNS, tapi harganya gak sampai 100 rebu. SAyangnya, masa aktifnya yg terbatas itu deh yg bikin mikir2 krn hrs habis dalam sebulan.

    @ririekayan

Silakan berkomentar :)

