Dolan mBloro, yuk!

Mari kita berwisata di Blora. Selain Kota Barongan, Blora juga terkenal sebagai Kota Samin. Ya! Sebenarnya banyak tersimpan kekayaan budaya dan wisatanya. Sebut saja salah satu dari kata di atas, Samin. Sudah banyak yang tahu bahwa Samin Surosentiko adalah yang mengajarkan sedulur sikep dan ajarannya terkenal. Dan untuk kulinernya, tidak usah diragukan lagi. Sate adalah makanan yang paling mantap dan menjadi ikon kota ini, terbukti dari patung pedagang sate di perbatasan Kabupaten Blora dengan Grobogan.

IMG_20160205_090740

beberapa kegiatan wisata di Blora; sumber : DPPKKI Kab. Blora

Untuk kalender event Kab. Blora sendiri sebenarnya belum dikeluarkan oleh DPPKKI. Namun, untuk tahun ini sendiri pastinya ada banyak kegiatan. Gambar di atas hanyalah gambaran kegiatan wisata saja, yang akan saya tuliskan di bawah ini :

  1. Batik Carnival
    Hore! Tahun ini akan ada batik carnival di Kabupaten Blora. Yang menarik adalah, dalam karnaval ini akan dipamerkan pakaian batik khas Blora yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga menarik.
    Tentunya, akan banyak sekali batik yang akan hadir di sini, selain batik daun jati (yang khas) tentunya mengingat di sekolah-sekolah juga ada diajarkan seni membatik.
  2. Pemilihan Duta Wisata Kabupaten Blora
    Agenda rutin tahunan yang semua punya. Namun untuk di Blora sendiri, biasanya diselenggarakan di Alun-alun atau Blok T mengingat keduanya memiliki pangsa penonton yang cukup besar dan sukses untuk menyelenggarakan event.
  3. Haul / Koul Sunan Pojok dan Syeh Abdul Kohar
    Kalau Anda asli Blora, maka Anda tahu tentang Sunan Pojok. Ya, makam Sunan Pojok berada di selatan alun-alun ke barat.
    Sedangkan makan Syeh Abdul Kohar berada di Ngampel, tepatnya di Jl. Blora – Rembang KM 7.
    Dilaksanakan pada malam Jumat pada bulan Syuro dengan kegiatan pengajian akbar, kegiatan ini pasti ramai pengunjung karena pengunjung yang datang tidak hanya berasal dari Blora, tetapi juga dari luar Blora.
  4. Festival Tempuran
    Tempuran ini sangat terkenal sekali, karena di Tempuran ada sebuah waduk. Nah, di sekitar waduknya itulah banyak berdiri cafe yang menjual ikan bakar. Dan di sini juga memiliki kegiatan khas, yaitu festival Tempuran.
    Ini adalah kegiatan yang dilaksanakan pada saat lebaran minggu pertama di Waduk Tempuran dan sekeliling Desa Tempuran. Acaranya seperti arak-arakan gunungan hasil bumi, lomba kuliner, dan masih banyak lagi.
  5. Suran Sedulur Sikep Klopoduwur
    Acara yang dilaksanakan pada Bulan Sura di Pendopo Sedulur Sikep Klopoduwur, Karangpace ini untuk berkumpul menerima wejangan dengan ritual tertentu. Biasanya sambil akan bersama dan menyelenggarakan Wayang Krucil.

Sedangkan untuk agenda budaya, banyak sekali kegiatan yang dilaksanakan, seperti yang saya tulis di bawah ini :

  1. Festival Barong
    Tahun ini adalah acara festival barong yang ketiga kalinya dilaksanakan Blora. Ya, seperti yang diketahui bahwa festival ini pertama kali diselenggarakan tahun 2014 (info bisa dibaca di sini). Pastinya akan sangat meriah dan sukses sekali.
  2. Pagelaran Wayang
    Di setiap bulannya, ada pagelaran wayang yang dilaksanakan pada jumat pon.
  3. Parade Seni Budaya
    Biasanya dilaksanakan pada bulan agustus sekaligus untuk memperingati HUT RI.
  4. Kemah Budaya
    Tentunya untuk melestarikan budaya.
  5. Pameran Sejarah Purbakala
    Nah, ini adalah agenda rutin tahunan. Saya pernah menuliskannya yang tahun 2014 di sini. Biasanya pameran ini digelar di Gor Mustika.
  6. Kirab Budaya
    Untuk memperingati HUT Kab. Blora, diadakan kirab, yaitu Kirab Pusaka dan Kirab Keprajuritan.
    Kirab Pusaka sendiri biasanya diakan saat malam hari, sedangkan kirab keprajuritan diadakan pada pagi sampai siang hari. Seperti yang saya tuliskan setiap 11 Desember, yaitu tepat saat HUT Kab. Blora. Contohnya seperti ini.

Nah, itulah beberapa agenda yang ada di Kabupaten Blora seperti informasi yang saya dapatkan dari DPPKKI Kabupaten Blora. Untuk informasi selanjutnya bisa ditunggu saja melalui sumber-sumber informasi Kabupaten Blora, baik media cetak maupun media elektronik. Seperti di facebook. Ikuti terus perkembangan agenda Blora, ya!

Yuk, Dolan mBloro! Visit Blora 2016.

Salam,
^_^

Advertisements

27 thoughts on “Dolan mBloro, yuk!

    • itu mbak, kan zaman dulu mereka mengobarkan semangat perlawanan terhadap Belanda dalam bentuk lain di luar kekerasan gitu..

Silakan berkomentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s