Usir Penat!

tumblr_n6qkc5ltwt1slsacao1_500

sumber gambar : klik gambar

 

Kalau hati sedang gundah, apa yang akan kamu lakukan? Pasti banyak yang ingin kamu lakukan. Tetapi apa daya, kamu hanya sendiri dan untuk melontarkan apa yang ada dalam pikiran kamu itu tidak mudah. Karena orang juga tidak mengerti apa yang benar-benar kamu rasakan dan apa yang kamu inginkan. Mereka akan berada pada jalan pikiran mereka masing-masing. Tetapi terkadang ada juga yang menanggapi dan memberikan saran yang pas untuk kamu. Oke, pada tulisan ini, saya ingin mengingatkan kembali saja tentang apa yang bisa kamu lakukan ketika kamu gundah, galau, atau gelisah yang saya sebut usir penat dalam judul tulisan ini.

  1. Share with Others
    Seperti yang sudah saya katakan di atas, orang kadang tidak mengerti. Itu karena pemikiran kamu dan orang lain itu berbeda. Sadarlah bahwa setiap manusia itu unik. Jadi, kamu cerita pada orang lain dan orang yang lainnya lagi selain orang itu, jawabannya juga akan beda karena pemikirannya berbeda. Mungkin ada yang acuh, atau ada yang care banget. Ada juga yang cuma mendengarkan, manggut-manggut, jawab ‘oh’ sambil memberikan gerak tubuh seperti membelaimu.
    Ya tapi itu lah manusia, kita akan mendapatkan banyak respon kalau kita juga share kepada orang banyak. Tapi kalau misal itu pribadi banget dan kamu hanya mau membeberkannya pada seseorang saja, itu juga terserah kamu. Karena personal itu tidak bisa sembarangan. Jadi senyamannya kamu saja tentang bagaimana cara kamu menghadapinya.
  2. Mendengarkan Musik
    Musik sekarang sudah beragam. Dan lagu juga sudah memasuki ranah-ranah perasaan. Dari sini mungkin kamu bisa mendapat ketenangan. Lagu-lagu cinta, lagu penyebar semangat, atau mungkin lagu yang religius.
    Atau yang lebih baik lagi, untuk kamu yang beragama Islam bisa mendengarkan ceramah keagamaan, ayat suci Al-Qur’an.
  3. Membaca Buku
    Buku juga sudah banyak macamnya. Segala apapun, baik fiksi maupun non fiksi sudah ratusan ribu mungkin miliaran atau triliunan. Tidak akan kamu rasakan jenuh kalau kamu benar-benar menikmati alur cerita bukunya dan kamu benar-benar ingin menghilangkan galau, gundah, gelisahmu.
    Membaca buku bisa menghilangkan kepenatan, terlebih kalau yang dibaca adalah kisah keagamaan, pasti akan membuat tambah penasaran dan lebih penasaran lagi jadi bisa menghilangkan gundah galau gelisahmu dong, yang diubah jadi penasaran. Hihihi.
    Buat kamu yang beragama Islam, kalau gundah galau gelisah, jangan lupa baca Al-Qur’an supaya hati damai dan tenang.
  4. Jalan-Jalan
    Nah, jalan-jalan tidak harus ke tempat mewah seperti mall. Di pasar pun juga bisa. Asal kamu menikmatinya. Kalau di pasar, kita banyak menemukan fenomena manusia. Seperti tawar-menawar, orang yang berkeliling menawarkan dagangan karena tidak punya lapak, pengamen, orang yang membawa kendaraannya ke dalam pasar, kucing yang berkeliaran atau tidur sembarangan, becek dalam pasar mungkin, dan masih banyak lagi.
    Sebenarnya bisa dijadikan pembelajaran untuk kita sekaligus mengusir penat, kok. Fenomena dalam pasar itu sangat menarik. Terutama proses tawar menawar. Lucu juga loh, kalau kamu misal tidak bisa menawar tapi malah ngotot menawar. Hahaha.. Jangan, ya.
  5. Tidur
    Mungkin kamu akan berpikir, daripada galau mending tidur. Ya boleh saja sih. Tapi ingat, kamu masih punya pekerjaan lain yang harus diselesaikan. Jadi nanti setelah bangun tidur, kamu akan merasa fresh dan segera melanjutkan aktivitasmu, ya!
  6. Menonton TV
    Acara tv sekarang banyak juga sih. Ada sitkom, ada talk show, sinetron, film atau ftv, kartun, acara musik, dakwah, berita, dan masih banyak lagi. Mungkin dari salah satu itu kamu bisa terhibur dan akhirnya kamu merasakan senang, tidak gundah galau gelisah lagi.
    Tapi kalau misal kamu menonton berita dan malah bikin greget, ya saya sih gatau. Itu kan urusan kamu. Hihihi.. 😀
  7. Melakukan Pekerjaan Rumah
    Masih banyak yang bisa kamu lakukan. Misal mengelap kaca, menyapu, mengepel, cuci piring, cuci baju, menghilangkan sarang laba-laba, mengelap meja kursi dan lemari, atau merapikan isi lemari.
  8. Belajar
    Belajar tidak harus membaca buku dan mengerjakan tugas. Tetapi juga bisa belajar dari keadaan, yaitu mengambil hikmah dan berpikir untuk masa depan.
  9. Berdoa
    Sungguh, hatimu akan damai dan tenang ketika berdoa. Karena kamu juga akan memasukkan keinginanmu dan mungkin menceritakan keadaanmu. Setidaknya kamu akan lega karena cerita dan keinginanmu didengarkan oleh yang seharusnya, karena Allah pasti akan membantumu.
  10. Memasak
    Kalau masak ini, mungkin untuk kamu yang hobi akan cepat. Tapi kalau sedang gundah galau gelisah, masaknya jangan sambil menangis apalagi melamun. Masak harus dengan perasaan senang biar masakannya juga enak, tapi jangan malah tambah stres karena masak itu asyik.
  11. Mandi
    Selain menyegarkan badan, kalau kita sudah mandi pasti akan merasa lebih ringan. Kalau kamu mau sekalian keramas biar kepala juga adem, itu terserah kamu.
  12. Bercocok Tanam
    Yang saya maksud pergi ke sawah gitu, terus melihat yang hijau-hijau. Atau menanam pohon di depan atau pekarangan rumah. Setidaknya keasyikan ini akan mengurangi gundah galau gelisahmu.

Nah itu tadi yang bisa kamu lakukan ketika gundah galau gelisah menyerangmu. Mungkin kamu mempunyai versi berbeda untuk mengusirnya. Tetapi tulisan di atas mungkin cukup mewakili, ya? Daripada membuang-buang waktu untuk urusan tidak jelas gundah galau gelisah kan lebih baik melakukan sesuatu yang bermanfaat. Iya, kan?

Salam,
^_^

Advertisements

4 thoughts on “Usir Penat!

  1. tipsnya banyak sekali ya… kalau aku sendiri sering olah raga kalau sore sih. kalo tidur malah susah.

    Juga kadang pikir pikir ambil hikmah gitu jadi lebih semangat gitu

Silakan berkomentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s