Hari Gizi Nasional 2016

Saya agak gemas sama tema hari gizi nasional 2016, yaitu “Bersama Membangun Gizi Mewujudkan Bangsa Sehat Berprestasi : Percepatan Perbaikan Gizi 1000 HPK”. Apa itu 1000 HPK? 1000 HPK berarti 1000 hari pertama kehidupan (terbentuknya janin dalam kandungan). Dimulai dari mana kah 1000 HPK itu? Yap, dimulai sejak hari pertama kehamilan. So, yang diperhatikan adalah gizi sang ibu sebelum hamil, yaitu harus berada dalam status gizi baik atau normal. Daripada terlalu banyak pertanyaan di sini, yuk kita bahas secara singkat pada tulisan di bawah ini.

Perbaikan gizi untuk 1000 hpk dimulai sejak pra nikah, yaitu dihitung dari dari 270 hari selama kehamilan dan 730 hari pada dua tahun pertama kehidupan seorang anak yang bisa dibagi menjadi lima titik, yaitu :

  • Saat masih dalam kandungan ibu yaitu 280 hari
  • Saat bayi berusia 0-6 bulan yaitu 180 hari
  • Saat bayi berusia 6-8 hari yaitu 60 hari
  • Saat bayi berusia 8-12 bulan yaitu 120 hari
  • Saat usia 12 – 24 bulan  yaitu 360 hari

Hal ini diperhatikan agar mendapatkan status gizi ibu dan anak yang baik. Mengapa begitu? Karena jika ibunya sehat, maka anaknya juga sehat. Tentunya ini juga berpengaruh terhadap kehidupannya pada masa dewasa mendatang. Yang harus diingat adalah, status gizi sebelum hamil akan mempengaruhi perkembangan embrio dan plasenta.

1000 hari pertama kehidupan disebut sebagai periode emas karena pada masa ini terjadi pertumbuhan otak yang sangat pesat, yang tidak dapat diperbaiki pada masa pertumbuhan selanjutnya. Oleh karena itu, jika tidak mendapatkan gizi seimbang pada masa ini sang anak akan terganggu pertumbuhannya.

Awal kehamilan merupakan irreversible anak. Pada dasarnya, 1000 hari awal usia anak di bawah dua tahun dikenal sebagai perkembangan kecerdasannya. Kekurangan gizi pada awal kehidupan bisa terjadi karena kurangnya perhatian keluarga atau (maaf) keluarga miskin dan kurang gizi.

Apa yang diasup ibu hamil selama 9 bulan merupakan awal kehidupan bayi. Oleh karena itu, pertimbangkanlah apakah makanan tersebut akan memiliki dampak positif bagi sang ibu atau tidak sebelum menyantap sebuah hidangan. Saat hamil, ibu tentu perlu memilih makanan dan menyantap makanan yang bergizi seimbang dan tidak melewatkan waktu makan. Pola makan sehat untuk 1000 HPK sangatlah penting. Kebiasaan buruk yang merusak, seperti merokok, minum alkohol, dan penggunaan obat-obat terlarang harus dihilangkan untuk mencegah akibat buruk bagi ibu dan bayi.

Setiap orang perlu mengkonsumsi anekaragam makanan; kecuali bayi umur 0-6 bulan yang cukup mengkonsumsi Air Susu Ibu (ASI) saja. Bagi bayi 0-6 bulan, ASI adalah satu-satunya makanan tunggal yang penting dalam proses tumbuh kembang dirinya secara wajar dan sehat.

Yang harus menjadi perhatian saat ini adalah pemenuhan gizi seimbang, untuk sang ibu dan anak. Karena pada masa hamil dan menyusui (6 bulan), sang anak sangat bergantung pada ibu. Setelah itu, anak disapih. Dan sang ibu juga perlu memperhatikan apa-apa saja yang masuk dalam tubuh sang anak.

Nah, seperti itulah kira-kira singkatnya tentang bagaimana 1000 HPK. Pada tahun ini ada karnaval gizi untuk memperingati hari gizi. Tentu sangat asyik dan seru jika diadakan setiap tahun untuk mempromosikan gaya hidup sehat dan gizi seimbang.

Advertisements

Silakan berkomentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s