Sedikit Coretan Tentang Regulasi Diri

regulasi

sumber gambar : klik gambar

Menurut KBBI, regulasi adalah pengaturan. Dan secara bahasa, regulasi diri berarti pengaturan diri. Oke, berarti kita sudah dapat satu arti bahwa diri sendiri ini mampu mengatur sendiri. Bukan begitu, sobat?

Regulasi diri menurut Friedman dan Schustack (2008) adalah proses dalam diri seseorang untuk mengatur pencapaian dan aksi sendiri, menentukan target untuk dirinya, mengevaluasi kesuksesannya saat mencapai target, dan memberi penghargaan pada diri sendiri karena telah mencapai tujuan tersebut.

Lalu, bagaimana seseorang bisa mengatur pencapaian dan aksi diri sendiri? Begini. Kita adalah manusia yang diciptakan dengan segudang pikiran dan kreativitas yang tak terbatas. Tidak ada salahnya kita mengutarakan unek-unek dalam selembar kertas kemudian mencoba merangkainya untuk kesuksesan kita.

Tentunya dalam diri kita terdapat magnet besar untuk membawa diri sendiri dalam kesuksesan. Dan niat kita adalah sesuatu yang baik untuk dipertahankan. Niat yang baik tentu akan membawa dampak baik. Maka, semua berawal dari niat.

Kita pasti tahu bagaimana kemampuan diri kita sehingga bisa menciptakan target untuk diri sendiri. Ingatlah pula bahwa Allah tidak akan memberi cobaan di luar kemampuan umatnya. Maka dari itu, jangan berpikir tidak bisa jika kamu belum mencoba. Jangan takut akan semua hal yang belum pernah kamu lakukan. Yakinlah bahwa kamu bisa, coba, dan lakukan.

Jika target yang ditentukan sudah berhasil, maka saatnya untuk mengevaluasi. Ingat bahwa setiap kegiatan dilakukan juga perlu dievaluasi. Evaluasi itu ada berbagai macam, seperti evaluasi tujuan, target, dan hasil.

Apapun hasilnya, kamu harus bisa menyesuaikan diri. Seperti halnya jka kamu telah berhasil, jangan langsung puas. Karena mempertahankan itu tidak mudah, banyak halangan. Dan tujuan kita harus lebih panjang lagi.

Nah, maka dari itu aturlah dirimu sebaik mungkin agar apa yang akan kamu dapatkan juga baik. Jangan sampai kamu menyesal.

Advertisements

Silakan berkomentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s