Tren Blogger 2016? Oh Yeah!

gitu lah

Harga BBM baru saja turun per 5 Januari dan di tempat saya sudah terjadi yang namanya antrean panjang di SPBU untuk membeli bahan bakar minyak ini. Pantas saja jika ini menjadi topik menarik untuk memulai semangat tahun ini. Namun ada berita yang tak kalah menarik bagi blogger, yaitu LBI (Liga Blogger Indonesia) 2016. Pada pekan pertama ini kami para peserta disuguhi tema yang cukup menguras.

Memang benar jika 2016 baru berlangsung beberapa hari, namun tren blogger Indonesia 2016 akan menjadi topik hangat sepanjang tahun mengingat banyaknya genre blog yang sudah beredar. Seperti halnya beauty blog, travel blog, personal blog, or etc. that I think it will be evolved rapidly, especially travel blog or am I hoping highly?

Dewasa ini nampaknya internet sudah menjadi bagian dari gaya hidup manusia. Lihatlah saja, bahkan internet sudah seperti ‘teman akrab’ atau malah ‘saudara’? Tidak bisa dipungkiri bahwa pekerjaan kita juga sudah berbasis internet. Sebagai contoh, gojek.

6873110_20150810101846

pict. source : kaskus

Saat ini, blog sudah menjadi pilihan hidup kita untuk mencari informasi selain buku dan urusan dari mulut ke mulut, atau apapun.  Terbukti jika kita mengetikkan sebuah kata pencarian ke google atau mesin pencari lainnya, maka kita akan mendapatkan rentetan blog sebagai sumbernya.

Kita pun mengenal adanya komunitas blogger di daerah-daerah dari berbagai platform (blogspot, wordpress, tumblr, blog.com, kompasiana, blogdetik, wagomu, dll.), baik itu yang kecil maupun yang besar. Ini adalah salah satu semangat kita untuk tetap ngeblog. Terlebih kalau diundang acara-acara besar di kota, baik dari negeri maupun swasta. Selain itu, predikat sebagai smart city juga mampu menggenjot para blogger untuk tetap berkarya.

Meskipun ada media sosial seperti facebook, twitter, plurk, atau lainnya, tetapi sebagian besar orang tetap mempercayakan blog sebagai wadah apresiasi dan berbagi. Adanya facebook note juga tidak menghalangi para blogger untuk tetap berkarya dan mempercayakan kreativitasnya bertebaran di blog.

Blog tidak hanya dipergunakan untuk menuangkan kreasi, kreativitas, pengetahuan, tetapi juga sebagai ajang media promosi. Sebagai contoh, ada toko online. Strategi yang digunakannya pun tak tanggung-tanggung. Mereka juga menarik blogger untuk berpartisipasi mempromosikan barang dagangan mereka seperti dengan mengadakan lomba blog.

Tentu saja lomba blog bisa diadakan oleh pihak manapun. Tetapi, hakikat dari lomba blog adalah promosi. Kita mengetahui bahwa memang dunia marketing itu sangat memiliki banyak strategi untuk menggandeng pelanggan. Dan juga, promosi tidak hanya dilakukan oleh toko online tetapi juga untuk kepentingan pariwisata, fashion, atau bahkan semua pihak melakukannya.

  1. Travel Blog
    Seperti yang kita tahu bahwa dunia pariwisata sangatlah asyik. Informasi mengenai tempat-tempat menarik di tanah air juga sangat banyak dan mengundang perhatian. Terbukti dari suksesnya acara lomba blog yang tahun lalu diadakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jateng.
    Bahkan salah satu teman saya yang bergabung di instanusantara Semarang tahun ini juga berencana melaunching blognya yang isinya khusus travelling. Pembuktian ini sudah cukup jelas bahwa banyak orang yang tertarik dengan dunia blogging dan akhirnya membuat blog mereka sendiri untuk mempromosikan apa yang telah mereka ketahui tentang travelling dan tempat-tempat pariwisata keren lain.
  2. Fashion Blog
    Dunia endorsement masih diperlukan untuk mempromosikan berbagai busana yang beredar. Setiap tahunnya, ada berbagai macam koleksi busana terbaru dari fashion designer tanah air. Tentu ini menjadi makanan lezat bagi fashion blogger.
    Atau para fashion blogger akan membagikan foto OOTD mereka yang nantinya juga bisa menjadi tren baru dalam berbusana.
  3. Food Blog
    Mari beryummy-yummy ria dengan makanan. Karena makan merupakan kebutuhan setiap orang. Para food blogger akan senantiasa membagikan hasil jepretan mereka ke dalam blog dan menuliskan deskripsi singkat mengenai makanan tersebut.
    Sudah bukan rahasia umum lagi jika kebanyakan dari kita juga mencari info tentang resep masakan di blog. Tentu saja hal ini sangat membuat food blogger berjaya.
    Selain itu, kebanyakan dari kita juga mencari informasi mengenai lokasi tempat makan di blog. Biasanya, para food blogger akan memberikan alamat dan deskripsi singkat sehingga akan menambah rasa penasaran para pencari informasi makanan.

Sebagian cerita di atas merupakan sebagian yang akan menjadi tren blogger Indonesia. Oleh karena itu, kita para blogger setidaknya juga harus bisa mengikuti perkembangan zaman. Kalau ditanya apa yang akan saya posting di blog, jangan lah. Karena blog ini hanya blog gado-gado yang informasi lainnya bisa dilihat di sini.

Advertisements

53 thoughts on “Tren Blogger 2016? Oh Yeah!

  1. Wah, banyak macamnya yah
    Kalau blog saya sendiri pasti masuknya personal blog lantaran nggak ada visi misi yang jelas 😆
    Saya sendiri baru memasuki dunia blog dan langsung ketagihan. Yang saya herankan mengapa blog nggak bisa jadi sekomersil medsos sperti fb/twitter/instagram yah? Kalau blog serame medsos itu pasti seru

    • Iya, banyak.
      Yang jelas kan menulis, ya? Apa yang ingin ditulis, apa yang ingin orang tahu.
      Sama nih, ketagihan banget pastinya ya? Hehe..
      Mungkin karena blog identik dengan tulisan, jadi kalau orang mengetik via hp apakah sulit? Atau bagaimana? Saya juga kurang tahu..
      Ya, kalau seramai itu seru pasti. 🙂

  2. Dari dulu nggak suka nulis ngikutin trend. Soalnya susah wa ha ha…

    Kalau ngeblog hal pertama yang harus terpenuhi adalah kepuasan. Pokoknya harus hepi. Jadi bisa nulis dari hati agar pembaca ikut merasakan apa yang saya rasakan.

    Kedua, yang pentinf penfunjung stabil. Soalnya buat nambah semangat nulis. Tanpa mereka apalah arti seorang blogger.

    • Iya, kalau terus ngikutin tren kita memang agak susah. Hanya saja, kita harus tahu tren itu, mengarah ke mana.
      Saya setuju, karena kalau kita menulis dari hati, nanti pembaca juga akan membaca dari hati, puas gitu kan.
      Nah, viewers dan readers kan selalu kita tunggu. Makanya, kita harus pintar-pintar juga bagaimana caranya agar mereka kunjung lagi dan lagi ke blog kita.

  3. internet udah jadi belahan jiwa mbak. hihihi…

    makin berasa pentingnya internet pas ada kejadian besar seperti ledakan di jakarta ini. blogger punya peran untuk nyebar informasi yang benar bukannya informasi yang heboh.

Silakan berkomentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s