Hari Nusantara 2015

Jujur, saya baru tahu ada Hari Nusantara pada tanggal 13 Desember dari iklan pesona Indonesia. Apa mungkin saya sudah pernah dengar sebelumnya tapi tidak tahu tanggalnya, saya juga tidak tahu. Yang jelas, hari ini saya akan menulis tentang hari nusantara karena saya juga masih penasaran mengenai apa itu hari nusantara. Apakah hari yang Indonesia banget atau bagaimana, yuk kita sama-sama mengetahuinya sekarang.

Kita mulai dari tema hari nusantara 2015, yaitu ❝Kekayaan Energi dan Sumber Daya Mineral untuk Pembangunan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia Guna Mewujudkan Kejayaan dan Kemakmuran Bangsa❞.

Hari nusantara menekankan pada kekayaan maritim kita. Terbukti pada puncak perayaan hari nusantara pada tahun ini yang diselenggarakan di Aceh. Memang tidak dihadiri oleh Presiden Jokowi langsung, tetapi dihadiri oleh wakil presiden Jusuf Kalla. Dan tentunya menjadi ajang promosi yang sangat bergengsi untuk mengembangkan potensi wisata.

Sebenarnya, sejarah hari nusantara sendiri sudah dicanangkan pada tahun 1999 yang diawali dari Deklarasi Djoeanda pada 13 Desember 1957. Untuk selengkapnya, silakan baca. Ada beberapa tujuan hari nusantara, yaitu :

  1. Merubah mindset bangsa Indonesia mengenai kemaritiman dan kelautan;
  2. Menjadikan bidang kelautan sebagai arus utama pembangunan nasional;
  3. Menghasilkan model pembangunan berintegrasi bagi kepulauan terluar dan atau terpencil berbasis laut;
  4. Mewujudkan Indonesia menjadi negara maritim yang mampu mengelola potensi sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dan disegani dunia.

Jadi intinya, hari nusantara lebih mengedepankan kepada  maritim, ya. Oke, saya sudah tahu nih sekarang. Ya, buat bekal cerita pada teman-teman lah bahwa sesungguhnya hari nusantara mengingatkan kita pada kekayaan alam Indonesia yang sangat melimpah dan kita harus menjaga serta melestarikannya.

Advertisements

3 thoughts on “Hari Nusantara 2015

Silakan berkomentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s