Perubahan?

1

Setiap orang itu pasti berubah. Entah apapun yang berubah, pasti ada perubahan. Contoh saja, perubahan ekspresi wajah atau kuku jari. Memang perubahan tersebut kecil, namun siapa sangka jika perubahan kecil juga bisa berdampak besar. Bukankah begitu? Mari kita berpikir banyak. Ketika Anda mengubah ekspresi wajah, maka yang terjadi adalah perubahan ekspresi wajah orang-orang di sekitar kita pula. Begitu pula dengan perubahan kuku jari. Ketika kuku jari menjadi lebih panjang, maka tantangan untuk membuka benta-benda bertutup sempit akan terasa mudah dan sebaliknya. Selanjutnya, apakah perubahan akan selalu mengubah? Hm, mari kita pikirkan secara singkat!

Ketika seseorang terpikirkan untuk berubah, maka yang dibenaknya adalah menjadikan sesuatu lebih baik. Yakin lah, orang menyukai perubahan ke arah yang lebih baik. Termasuk perubahan pada diri sendiri. Tentunya jika sudah menyangkut masalah jiwa, orang akan berangan tinggi. Berubahnya diri sendiri untuk menjadi lebih baik itu tidak hanya butuh niat dan keseriusan, tetapi juga butuh usaha dan pembuktian. Ingatlah bahwa semua manusia itu butuh bukti. Maka jika dirimu ingin berubah, Anda harus bisa meyakinkan orang-orang bahwa Anda berubah dan berikanlah bukti pada mereka kalau Anda berubah.

Perubahan kecil seperti Anda senyum kepada orang akan mengubah persepsi orang. Bisa saja orang yang Anda senyumi membalasnya dengan senyuman atau sengitan, tergantung apa yang sedang dipikirkan oleh lawan Anda. Saya sering berpikiran jauh ketika ada orang tidak dikenal yang menyenyumi saya berulang kali. Saya pikir dia tidak hanya punya maksud untuk beramah tamah saja, tetapi mungkin ingin kenalan, memperhatikan lebih jauh, atau sedang berpikir kritis mengenai yang ada di sekitar saya, Kan, berubah juga..pikirannya.

Perubahan mengikuti waktu, karena waktu juga berubah. Namun tidak semua perubahan berarti. Jika saja orang bias lebih bijak dengan perubahan, maka perubahan bisa dibaca lebih baik juga. Jadi jika perubahan itu mengubah, maka itu tergantung bagaimana orang membaca perubahan tersebut. Karenanya tidak ada alasan khusus mengapa perubahan akan mengubah yang lain. Pintar-pintarlah dalam melihat perubahan.

Advertisements

2 thoughts on “Perubahan?

  1. memang benar perubahan pada diri sendiri bisa berpengaruh pada lingkungan, bukti perubahan menjadi lebih baik, akan membuat perubahan yang lebih baik juga ( Insya Alloh )

Silakan berkomentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s