Kisah Hidup

Ini tentang ah, apa yang akan saya tulis. Saya sendiri masih bingung. Tapi mungkin saya terlalu pemikir, jadi saya bingung. Sebenarnya juga tidak, saya bukan tipe pemikir. Saya easy going. Tapi ash.. Daripada banyak kata tapi yang saya tulis dan tentu kamu akan bingung membaca, lebih baik saya mulai cerita ini dari saya yang mulanya menganggap sahabat saya sebagai teman untuk segala hal.

Kemudian, darimana cerita saya berasal? Sebenarnya tak sulit menebak kisah hidup yang kurang bertele-tele ini. Saya sendiri merasa aneh dengan hidup saya. Loh? Kenapa? Katanya easy going? Itu kata orang. Kalau saya yang menilai sih, saya orangnya ribet dan tak seperti tampak luar yang ‘ringan’.

Orang bilang saya aneh. Kalau ini saya akui, saya sendiri kadang masih suka bingung dengan keanehan saya. Kadang saya repot menghadapi diri saya sendiri. Ini adalah alert bagi diri saya sendiri. Ya, kalau kamu tahu bahwa saya seperti ini, mungkin malah kamu yang repot. Saya sih oke-oke saja dan santai tentu saja, karena saya cerita dengan mata tertutup yang berarti bayangan-bayangan saya semua ikut masuk dalam cerita ini.

Kemudian apa saya selalu bahagia? Ya, saya bahagia ketika saya beribadah dan berdoa. Tak terkecuali dengan semua ritualnya. Begitu pula saat berkumpul dengan keluarga. Saya bahagia. Tapi kamu hanya tahu bahwa saya selalu bahagia. Bukan begitu? Karena saya menggulung rapat-rapat kisah hidup saya ketika ada kamu. Yang harus kamu tahu adalah, kisah saya selalu bahagia. Sehingga kamu iri dengan apa yang saya lakukan. Sehingga yang kamu tahu aku adalah orang yang berhasil.

Kamu tak tahu perjuangan saya. Sama seperti saya yang tak mengetahui kamu. Tapi saya dan kamu adalah dua jiwa yang berasal dari padang yang sama. Tunggu, apakah kalimat ini terlalu berbelit? Saya minta maaf. Kata-kata sukar seharusnya saya hindarkan. Tapi mengapa kamu tahu saya suka kata-kata yang sukar? Itu karena kamu. Kamu juga sukar dimengerti, terlebih dipahami.

Kamu mau cerita saya ini saya tulis lagi atau bagaimana? Mungkin kalau kata-kata saya mudah, kamu masih mau membacanya. Namun sepertinya kata-kata saya biasa. Tidak romantis, apalagi puitis. Jadi saya berkisah tentang ini saja. Saya rasa cukup. Karena jika saya bercakap terlalu banyak, kamu akan semakin pusing.

7 thoughts on “Kisah Hidup

Silakan berkomentar :)

