Entah Bagaimana Pasti Ada Jalan

Suatu hari aku bertemu dengan orang baik hati. Ya, saking baik hatinya sampai aku tidak tahu bahwa dia adalah orang yang sangat hebat. Dia bisa mengubah duniaku pelan-pelan. Ya, begitu lah. Aku mengaguminya.

Tak kusangka, bukan berarti dengan kehebatan yang dia miliki dia bisa menjadi apa yang seperti dia mau. Dia masih menjadi dia yang maunya seperti dia. Keras kepala dan mau menangnya sendiri.

Pelan-pelan aku pun diam kembali dan mengamati sejenak. Kemudian merenung tentang masa lalu. Ah, kenapa masa lalu? Karena aku ingin belajar dari awal. Aku ingin mengetahui semuanya, setiap detail yang dia kerjakan.

Tetapi tidak, semua tidak dengan mudah bisa dipelajari. Dia terlalu misterius untuk dikuak. Bersabar adalah jalan yang kutempuh sedari awal. Dengan pelan dan sabar, semua akan terlewati dengan baik. Aku yakin.

Sekarang jika aku tertinggal darinya, semua itu adalah kesalahan yang membuatku belajar sedikit demi sedikit. Itu adalah caraku untuk mengetahui bagaimana kelemahanku yang sesungguhnya. Aku tak mau tertinggal.

Bukan karena aku ingin menyamakan kedudukan. Hanya saja, aku terlalu polos untuk bisa melewati kesadaran yang melampaui batas ini. Oh Tuhan, rasanya aku ingin kesadaran yang di atas normal agar aku selalu sadar.

Aku tak ingin bermacam-macam dan banyak berargumentasi pada mereka-mereka yang sudah mengedepankan harapannya. Aku hanya ingin membuat nyata mimpi-mimpi yang telah aku bangun.

Meski dengan berbagai cara dan mengikuti jalan orang, tapi itu adalah caraku. Caraku untuk menemukan cara sendiri agar aku tidak selalu bergantung pada mereka.

Kadang aku selalu berteriak dan menjerit pada Tuhan. Itu adalah caraku menangis menyesali semua. Tapi tiada guna. Kemudian aku bergumam sendiri untuk mnyelesaikan tujuanku.

Aku tahu bahwa semua pasti ada jalan. Setiap orang memiliki jalannya masing-masing. Dan ini adalah caraku untuk mencapai tujuanku. Banyak cara, seperti mencontoh dan menapaki kembali yang telah ada.

Silakan berkomentar :)

