Apa yang Ada di Gedung Replika Tulang-Tulang Gajah Purba Blora?

Warna kuning keoranyean itu membawa saya masuk. Seolah menyihir mata saya untuk terus menatap sebuah replika tulang-tulang yang telah membentuk gajah itu. Saya pun masuk ke dalam ruangan yang sebenarnya bisa dilihat dari luar itu isinya. Hanya saja, masuk akan membuat sensasi berbeda dan ada rasa tersendiri.Benar saja, ketika masuk, saya sudah disuguhi pemandangan cantik, replika gajah purba Blora. Ya, memang hanya itu isinya. Namun jangan salah, ada pula sepetak tulisan yang menjelaskan mengenai tulang belulang tersebut. Meski hanya singkat, namun sudah terasa mewakili semuanya.

Pemilihan tempat yang strategis rasanya turut diperhatikan. Meski tempat yang dipilih sudah sangat strategis, namun tetap saja kalau menurut saya tempat ini agak sepi pengunjungnya. Maklum saja, karena isinya hanya replika tulang gajah dan penjelasannya, maka tak ayal tempat ini agak sepi. Terlebih karena bisa dilihat dari luar.

1 lah

Replika Gajah Purba Blora

Selasa, 21 Juli 2015 dengan ‘sedikit dorongan’ kepada teman saya, akhirnya saya berhasil masuk ke tempat ini. Ya, kenapa ‘sedikit dorongan’? Haha, karena teman saya pada sehari sebelumnya sudah mengunjungi tempat ini. Pertamanya, teman saya hanya bercerocos tanpa henti menceritakan bahwa dia sudah ke tempat ini. Tapi saya hanya diam dan terus berjalan menuju tempat ini. Ya, teman saya mengalah. Haha, akhirnya.

Sebenarnya saat saya mengunjungi tempat ini sedang ada orang berkunjung, sekeluarga sepertinya. Saya mengetahuinya karena mereka rombongan. Ups. Karena tempatnya yang asyik, yaitu di depan Pendopo Kab. Blora, di samping gedung sasana bakti, dan di samping alun-alun Blora pula, tempat ini layak menjadi tempat baik untuk penentuan hal semacam ini.

Sebenarnya kekurangan dari tempat ini hanyalah minimnya informasi mengenai gajah itu sendiri. Maklum pula, tak ada pemandu, leaflet, atau buku di situ yang menjelaskan. Tapi saya juga menyadari bahwa kalau hanya leaflet, nanti sayangnya kalau hanya lewat. Ya sudah lah, begini juga baik.

Tapi, rasanya seperti bersama seekor gajah! Ya, meski hanya replika, namun saya merasa bahwa ‘ini adalah gajah sungguhan’. Dengan bentuk yang besar, seakan kita bertemu gajah. Meski hanya bertemu dengan tulangnya, namun rasanya seperti bersama gajah.

Salam,
^_^

11 thoughts on “Apa yang Ada di Gedung Replika Tulang-Tulang Gajah Purba Blora?

Silakan berkomentar :)

