Diantara Kepribadian

Ada empat macam tipe kepribadian, yaitu sanguinis, melankolis, plegmatis, dan melankolis. Awalnya, saya tidak mengetahui akan hal ini. Namun semua berubah ketika saya mengikuti Pramuka. Saya jadi tahu tentang hal ini. Asyik sekali mempelajari tipe-tipe kepribadian seperti ini. Di kuliah pun, saya juga mendapatkan materi tentang ini lagi. Bukan pada mata kuliah psikologi, namun pada mata kuliah etika profesi. Wah!

Awalnya, saya dinilai oleh banyak orang sebagai sanguinis. Sebagian besar mengatakan demikian. Dulu saya memang periang dan sangat senang mencoba hal baru, senang membaur, dan semua yang ada pada sanguinis erat pada saya. Namun semakin ke sini, saya semakin menjadi orang yang pemikir. Entah mengapa, saya juga kurang mengerti. Mungkin karena banyak pelajaran kehidupan yang saya dapatkan, saya jadi lebih berpikir untuk menjalani semuanya. Kini saya memiliki kecenderungan plegmatis dan melankolis. Ah!

Sebenarnya, saya tidak terlalu masalah mengenai tipe-tipe kepribadian seperti itu. Karena bagi saya, yang terpenting adalah memberikan yang terbaik untuk hidup kita dan bermanfaat bagi orang lain di sekitar. Serta yang sangat dan paling penting hidup di dunia ini adalah ridho Ilahi. Bukannya apa-apa, tetapi karena Allah adalah dzat yang sangat adil dan Maha Kuasa.

Perubahan kepribadian bukanlah hal yang menarik jika perubahannya ke arah yang positif. Karena tentu kita tahu sendiri bahwa perubahan ke arah yang lebih baik adalah yang sangat kita harapkan. Justru perubahan yang sebaliknya akan membawa tantangan tersendiri bagi manusia, karena harus menyadarkan dan membawanya kembali ke jalan yang benar. Oleh karena itu, siapa kita dan bagaimana pun kita, haruslah tetap menjadi diri sendiri.

Salam,
^_^

3 thoughts on “Diantara Kepribadian

Silakan berkomentar :)

