Lelahmu Adalah Semangat

Lelah. Semua orang pasti merasa lelah. Apapun yang terjadi. Mau orang tersebut bekerja maupun hanya diam. Semua pasti pernah merasa lelah. Hanya saja mungkin ada beberapa yang tidak merasakan lelahnya sebagai lelah namun sebagai kebiasaan karena ia tak ingin ambil pusing dengan lelahnya. Sudah seperti kawan yang sangat mengerti jika ada seseorang yang bahkan mau bersahabat setia dengan lelah yang mendera.

Sebenarnya, lelah sendiri asyik untuk diajak bercerita. Tentunya, hanya jiwa-jiwa yang merasakan lelah yang dapat merasukkan aroma-aroma cerita di dalam dirinya. Lelah itu seperti petuah bagi tubuh untuk tetap semangat, karena di dalam lelah ada sebuah niat dan tekat yang kuat. Bagi mereka yang mengerti, niat dan tekat tersebut adalah bagian terselubung yang sangat identik dengan kata semangat.

Kau akan sangat mengerti jika ada lelah yang melanda dalam lubuk hatimu untuk segera dihantarkan menuju ruang keheningan. Entah dia sebagai tamu maupun sebagai insan perdana yang mampu membuat dirimu bangkit kembali melawan keheningan yang melanda di sebagian jiwamu. Dia akan berusaha membujuk dan merayumu agar tujuannya melampaui apa yang kau atau bahkan yang dia bayankan.

Sungguh sangat mungkin bagi kalian yang merindukan mabuk dilema dalam bayang-bayang untuk merasakan lelah sebagai kantong kenikmatan yang tiada duanya. Lelah adalah sebuah jalan untuk memulai. Mungkin bagi kalian yang sudah mengerti arti lelah sesungguhnya akan lebih dengan mudah membujuk syaraf di bawah sadar untuk kembali bermain dalam ingatan semu.

Kau akan menemukan sebuah sudut aneh ketika kau menancapkan lelahmu pada ketidaktepatan aktivitas. Rasa-rasanya ada yang hilang saat lelahmu tersayat-sayat oleh rayuan nan manja dari beberapa aktivitas buruk yang kau terapkan ketika kau tak ingin dirasa mengganggu oleh mereka yang sedang berjalan dengan buluknya.

Jika kata hanya sekedar rangkaian huruf, maka sebenarnya apa arti kata lelah? Masihkah ia akan terpakai sejenak? Meski hanya menemanimu dalam pilu dan membuatmu merasa kurang nyaman, ia memberimu ruang untuk berpikir. Ia juga memberimu ruang untuk beristirahat.

Seandainya lelah adalah sebuah kata tanpa jeda yang tak ayal memberimu pekerjaan yang menantang, bahagiakanlah ia. Karena ia adalah pengingatmu untuk sejenak merelakan waktu untuk bersantai dan meninggalkan aktivitas yang menggunung. Meski sebentar, ia akan memberimu sebuah relaksasi yang luar biasa.

Lelahmu adalah tanda bahwa kau masih memiliki raga untuk menyatukan harapan-harapan di luar sana. Karena.. Lelahmu adalah semangat.

Salam,
^_^

Advertisements

4 thoughts on “Lelahmu Adalah Semangat

Silakan berkomentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s