Jangan Egois

Setiap manusia pasti punya sisi individual. Right? Saya rasa sih begitu. Coba bayangkan, rasakan, kemudian pahami. Dari kejadian kecil yang kita alami, maupun kejadian-kejadian besar. Seperti halnya korupsi yang juga merupakan puncak dari egois. Astaghfirullahaladziim.

Kita pasti pernah merasakan sisi individualisme dari seseorang, secara sadar maupun tidak sadar, entah sekali maupun dua kali. Hanya saja terkadang sisi individualisme itu tidak ditampakkan secara nyata atau dia menampakkannya dengan halus yang kadang kita sendiri tidak menyadarinya.

Sebagian orang ingin merasa sendiri. Hal tersebut bukan karena orang memang memiliki kebiasaan untuk sendiri, tetapi karena seseorang ingin memiliki waktu untuk sendiri. Mungkin karena orang merasa gerah dengan orang lain yang ada di sekitarnya atau ingin suasana baru atau bahkan ingin merelaksasikan diri sendiri.

Saya kadang jengkel dengan orang yang individualismenya tinggi, terlebih jika tingkat egoisnya di atas wajar dan keras kepala. Bukannya saya tidak suka, tetapi saya kurang nyaman saja. Tidak benar pula jika nantinya ia akan menjadikan semua orang dalam kondisi yang tidak teratur.

Saya memang punya teman egois, ya. Dia individual. Tetapi dia juga butuh teman lain untuk berbagi. Buktinya saja, ia masih tak mau sendiri. Meski terkadang cuek dan kurang bersahabat, tetapi ia masih menganggap teman-teman di sekitarnya itu ada.

Sedih sebenarnya jika ada orang yang individual. Tetapi inilah hidup. Berbagai macam sifat dapat kita temui. Jangan sampai kita menjadi orang yang egois. Tetap perhatikan orang-orang di sekitar karena pada hakikatnya kita adalah makhluk sosial.

Salam,

^_^

Advertisements

Silakan berkomentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s