Mari Kita Jaga Bumi

Akan terus berputar bumi ini. Namun ia memiliki batas. Sama seperti kita, ia pun berusia. Meski telah terhitung tua, ia tetap berusaha menbuat kita, para manusia yang hidup di dalamnya merasa nyaman dan aman. Ia terus beregenerasi. Terkadang kita tak mengerti apa yang ia perbuat, entah itu hanya sekedar perlakuan sederhana atau perlakuan besar. Kita menganggap bahwa ia adalah tempat yang asyik, karena ia mampu bertahan. Bahkan pada tekanan apapun yang kita berikan kepadanya.

Terlalu asyik apapun yang Tuhan berikan, termasuk dalam hal duniawi. Kita semua hidup di bumi ini dengan perlindungan yang amat baik. Dengan pengamatan yang luar biasa. Dari zaman batu hingga zaman modern yang kekinian, ketika semua orang memiliki gadgetnya masing-masing sampai gregetnya tidak ketahuan atau gregetny kurang terasa. Ya, zaman sekarang kita ingin yang greget, bukan begitu?

Nikmat di bumi ini jangan kau sia-siakan, wahai kawan. Kita ini hanyalah makhluk Tuhan. Yang Ia perintahkan kita untuk menjaga segala yang Ia titipkan kepada kita. Ia amat baik, bumi sebesar ini Ia titipkan kepada kita, lengkap dengan segala apapun yang kita butuhkan bisa terpenuhi. Sebut saja oksigen di alam yang gratis dan air di sungai yang mengalir jernih. Ah ya, meski hanya beberapa yang jernih karena ulah manusia yang kurang memperhatikan keindahan.

Meski begitu, Tuhan selalu baik. Selalu ada keajaiban meski hanya setitik. Selalu ada jalan menarik meski hanya sebelokan. Karena Tuhan ingin melihat usaha kita setelahnya. Bahkan ketika bumi ini ingin berotasi, Tuhan tahu apapun yang bisa menbuatnya lebih baik. Ia selalu membantu setiap umat. Bahkan hal keci di bumi pun ia bantu dengan segenap perasaan. Dan bumi akan senantiasa menyenandungkan nyanyian untuk memuji-Nya. Di setiap perputarannya, pergerakannya, bumi akan selalu memberikan apa yang ia lakukan untuk-Nya, Tuhan yang memberikan kekuatan untuknya.

Mari sama-sama kita menjaga bumi pemberian-Nya ini. Jangan kotori ia, karena kita diperintah untuk merawat bumi dan menjadikannya indah. Mari kita sama-sama sadar karena bumi ini tidak hanya untuk kita, tetapi juga untuk generasi kita yang akan datang.

Advertisements

Silakan berkomentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s