Menjadi Blogger Profesional itu . . .

IMG_20150309_231516 - CopyTiba-tiba saja muncul kata-kata blogger profesional. Yah, ada kata ‘profesi’. Dalam KBBI, pro·fe·si·o·nal /profésional/ adalah yang bersangkutan dengan profesi, memerlukan kepandaian khusus untuk menjalankannya, dan mengharuskan adanya pembayaran untuk melakukannya (lawan amatir). Sedangkan profesi, berarti bidang pekerjaan yang dilandasi pendidikan keahlian (keterampilan, kejuruan) tertentu.

Menjadi blogger profesional itu gampang-gampang susah. Ya, butuh perjuangan lah. Maksud saya gampang kalau sudah memasuki awalan dari sebuah ke-profesionalisme-an karena kita harus berjuang mempertahankannya menjadi profesional yang sesungguhnya. Susahnya, kita harus merintis dari awal untuk menjadi profesional. Memang, dibutuhkan usaha dan tekat luar biasa dengan semangat membara untuk mewujudkannya.

Media sosial nampaknya semakin berkembang, terbukti dengan banyaknya aplikasi berbasis handphone yang banyak menyediakan layanan ini. Begitu pula dengan blog. Berbagai cara bisa dilakukan untuk memposting sebuah tulisan ke dalam blog, termasuk melalui hp. Sebut saja mobile wordpress yang sering saya jelajahi.

Dengan adanya aplikasi blog yang bisa diinstall pada handphone semakin membuat kita sebagai blogger cepat tanggap untuk memposting. Ini akan membantu langkah kita untuk mewujudkan blogger profesional, dengan catatan konten harus berkualitas baik tentunya.

Agaknya banyak orang yang sudah mulai menggunakan blog untuk berbagi, namun banyak yang vakum. Seperti halnya belum terisi dalam jangka waktu yang lama. Ah ya, bertahan memang butuh niat dan kesungguhan.

Butuh usaha dan waktu, mungkin tidak sebentar untuk bisa menjadi blogger profesional dan dibayar. Mendaftar pada Google AdSense atau WordPress AdSense contohnya. Ya, seperti yang kita ketahui banyak syarat yang harus dipenuhi pastinya. Atau dengan copywriting. Ah ya, pasti banyak cara kok. 😀

Blogger profesional pasti memiliki ciri khas. Apapun itu. Misal gaya bahasa. Ini adalah salah satu daya tarik untuk menarik pengunjung. Gaya bahasa menarik dengan tema, mengalun satu sama lain, dan berhubungan erat merupakan hal yang enak untuk dirasakan. Terlebih menyatu dengan konten yang berkualitas.

Untuk menjadi blogger yang profesional butuh usaha luar biasa. Tidak bisa sembarangan. Seperti misalnya berlatih ini dengan mengikuti LBI. Dengan tema menarik tiap minggunya dan didukung dengan tambahan dua post bebas lainnya, latihan yang sangat mantap.

Pasti ada tantangan bagi blogger profesional karena perjalanan itu tidak selalu mulus. Maka, berhati-hatilah dan tetap semangat!

Salam,
^_^

 

Advertisements

30 thoughts on “Menjadi Blogger Profesional itu . . .

  1. Kata kuncinya hanya dua yaitu komitmen dan konsistensi, Insya Allah akan menjadi seorang blogger profesional. Selain itu jangan mudah patah semangat karena kesuksesan merupakan bagian akhir dari sebuah proses. Salam dari Blogger Borneo 🙂

  2. iya ya mbak, selain seo-seoan atau adsense-adsense-an, kemampuan bikin tulisan yg berisi tapi mudah dipahami emang tetep nomer satu kali ya harus dikuasai blogger profesional 🙂 @RuriOnline

  3. Yang paling penting untuk blogger professional itu kualitas kontennya, dan bagaimana mereka menyajikan konten itu. Karena blog hampir semua isinya pasti informasi, sulit (atau mustahil) untuk bisa jadi blogger yang sukses kalau kita nggak bisa menyajikan informasi yang luar biasa bagi pembaca.

    Menyajikan informasi ini, bener, gampang-gampang-sulit. Sulit kalau kita nggak ngerti mengenai topik yang kita angkat. Tapi jadi gampang dan menyenangkan kalau kita jauh lebih paham daripada orang lain.

    • Nah, iya. Bener. Pastilah informasi. Topik yang dibicarakan haruslah menarik dan tidak biasa sehingga menggugah orang untuk membaca.

  4. Ha ha ternyata banyak yang belum tahu apa itu blogger profesional sampe buka KBBI atau wikipedia. termasuk saya…………
    Blog bisa vakum karena gak ada stimulusnya, mending ngeberesin kerja dapat gaji.
    Supaya gak vakum, musti menguangkan atau bahasa kerennya moneteis….nah gono

    • Ya sekalian buat penegasan dan meyakinkan aja kalau buka KBBI atau wikipedia, tuh. Haha.
      Bener nih, kalau di dunia nyata kan lebih asyik.

  5. pertahanin niat nulis emang sulit. Klo lagi ngumpul sama temen sampe lupa wktu 🙂
    “Seminggu 3 postingan” mudahan aja bisa hahah

Silakan berkomentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s