Menikmati Keindahan Gedung Marabunta dari Dekat

Bagi yang sering bermain ke Kota Lama Semarang, pasti tidak akan asing dengan gedung yang satu ini : Marabunta. Gedung dengan rancangan unik dan menarik ini sangat memikat hati. Dengan dekorasi khas, ruangan dalam gedung ini sukses membuat saya tercengang dengan segala keindahannya.

Tampak depan Gedung Marabunta

Tampak depan Gedung Marabunta

Sesuai dengan namanya, gedung yang beratapkan dua buah semut merah raksasa ini dulunya merupakan tempat pertunjukan hiburan bagi bangsa Eropa yang tinggal di Semarang. Dibangun sekitar tahun 1854, gedung ini sangat berperan bagi perkembangan seni pentas drama, tari, dan musik di Semarang.

Saya begitu terkesan ketika pertama kali memasuki ruangan depan karena langsung disambut oleh meja berbentuk kapal dan kursi tinggi berjejer. Suasana yang sangat klasik dan menyejukkan mata. Meski panggung pertunjukan ditutup tirai, namun tidak mengurangi pesona cantik yang dihadirkan oleh tempat ini.

ini meja berbentuk kapal beserta kursinya

ini meja berbentuk kapal beserta kursinya

Dipadu dengan kaca jendela bergambarkan Putri Matahari (penari yang terkenal pada zamannya), tempat ini cocok untuk Anda yang suka fotografi. Cahaya yang masuk di ruangan rasanya akan terasa sedikit, namun karena banyaknya jendela, hal tersebut bisa ditanggulangi.

Bangunan yang dulunya bernama  Schouwburg ini dulunya memiliki bangunan yang luas dan besar sebelum rob melanda dan akhirnya menjadi gedung Marabunta seperti sekarang ini. Keindahannya tetap terjaga dengan mempertahankan bentuk aslinya. Sangat menyenangkan bisa berada di dalam sini.

Gedung dengan dua lantai ini unik. Dari depan gedung, saya sudah bisa merasakan hangatnya penampakan yang terjadi di dalam. Ya, kental dengan aksen Eropa pada zaman dahulu. Ah ya, tak salah karena gedung ini dulunya adalah gedung pertunjukan seni.

Sang saksi bisu pertunjukan seni berabad lalu kini telah bereformasi menjadi bangunan yang menyenangkan bagi setiap orang. Aksen khas yang melekat kuat pada bangunan ini akan membawa kita serasa berada pada masa lalu. Meskipun gedung ini telah mengalami perbaikan beberapa kali, namun tetap saja gedung ini menjadi tonggak sejarah kebangkitan seni di Semarang pada masanya.

Advertisements

Silakan berkomentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s