Event Visual dan Nyata di Dunia Blogger

Blogger mempunyai komunitas sendiri, meski terkadang komunitas tersebut bersifat visual, tetapi ada acara-acara yang mereka buat diluar kegiatan visual yang mereka adakan, yakni kopdar misalnya. Kegiatan kopdar blogger adalah kegiatan rutin yang bisa dilakukan secara daerah (oleh blogger daerah) dan nasional. Sedangkan kegiatan lain diluar kopdar, sebagian ada juga yang melaksanakannya.

Acara blogger penting untuk diadakan, hal ini untuk mempererat tali kekeluargaan antarsesama blogger, memperluas jaringan pertemanan, dan menambah wawasan. Tentunya dalam acara yang dihadirkan oleh blogger nantinya akan banyak membahas seputar dunia perbloggingan, teknologi informasi, sosial media, dan masih banyak lagi tergantung isu yang ada (yang sedang berkembang, ramai dibicarakan, dan yang akan menjadi tren).

Saya sendiri ngeblog dari tahun 2010, tetapi baru masuk salah satu komunitas blogger sekitar tahun 2013 (walaupun tidak memunculkan diri ketika itu). Saya melihat ramai sekali event-event yang diadakan, seperti adanya lomba blog, giveaway, dan lomba menulis artikel/puisi/cerpen di blog. Nah, event tersebut masihlah event virtual karena kita tidak bisa bertatap muka secara langsung dengan yang lain, baik panitia maupun peserta.

Penting bagi blogger untuk mengadakan event-event seperti perayaan blogger (ulang tahun atau hanya sekedar kopdar kecil-kecilan). Hal ini untuk menjaga interaksi diantara anggota dan hal kecil untuk melaksanakan hal tersebut adalah komunikasi. Komunikasi di dunia virtual diantara sesama blogger tidak hanya dilakukan melalui blog, namun juga sudah merambah ke dunia BBM, Whatsapp, dan LINE.

Salah satu acara blogger yang pernah saya datangi adalah ketika buka bersama salah satu komunitas blogger dan acara ulang tahun salah satu komunitas blogger pada tahun lalu. Ya, itu, melakukannya bersama blogger, hahaha. Meski hanya dilakukan secara sederhana bersama teman-teman Semarang, namun kegiatan tersebut menyenangkan sekali. Acara yang dilakukan memang biasa. Tetapi bagi blogger mungkin luar biasa karena jarangnya kegiatan seperti ini. Tapi sayangnya, saya jarang foto jadi kebersamaan dengan mereka saya abadikan lewat ingatan, memori pikiran.

Sedangkan pada tahun ini, saya mendatangi sebuah acara bernama #KopdarSMG yang juga banyak didatangi blogger, komunitas online maupun offline. Ah, senang sekali rasanya. Serta ada Rembug Socmed yang dihadiri puluhan komunitas dengan ratusan peserta. Wuah!

Harapan saya untuk event blogger tahun ini adalah semoga bisa lebih berkembang lagi, merangkul blogger-blogger daerah yang mungkin (maaf) kudet. Selain itu juga diharapkan blogger dapat mengembangkan diri dengan adanya event yang diadakan seperti bekerja sama dengan pemerintah instansi lain agar semakin dikenal.

Salam, ^_^

Advertisements

44 thoughts on “Event Visual dan Nyata di Dunia Blogger

  1. tapi blogger-blogger daerah sekarang ini nggak kudet lagi lho, namun yang menjadi masalah saat ini adalah wadahnya. di daerah belum ada wadah misalkan perkumpulan blogger atau event-event blogger. dan biasanya event-event blogger marak diadakan di kota-kota besar

    • Memang masih belum ada wadah yang bisa memaksimalkannya, mungkin karena belum banyak yang muncul secara langsung (diam-diam). Kalau di kota besar kan memang ramai..

  2. Saya setuju dengan mas Virmansyah, kalo daerah saya wadahnya, komunitasnya sudah ada tapi semakin lama mereka banyak yang rantau dalam rangka kerja dan belajar dan gabung ke komunitas blogger di kota-kota besar, sedang yang di sini menjadi sepi

  3. Aku juga lom pernah ikutan event blogger yg besar din, coz banyak diadakan di kota besar di jawa, nah akunyah di bengkulu hikss 😦
    sejauh ini cuma bisa nikmati acaranya via reportase online aja

  4. Semoga dengan adanya niat yg baik ini acara event blogger akan digelar dengan bahan bicaraan yg menyangkut bangsa dan negara kita juga karena kitajuga blogger calon pemimpin bangsa jadi jika udah paham meminpin nanti tidak kaku lagi 🙂

  5. Ternyata pengalamannya sudah cukup lumayan banyak ya. Memang dengan adanya event blogger ini salah dua diantaranya bisa menambah motivasi para blogger lokal sekaligus bisa menjadi sarana untuk saling menjalin tali silaturahim antar sesama anggota. 🙂

  6. Gue belom pernah ikut acara blogger… Eh pernah sih waktu itu seminar dan pembentukan komunitas blogger daerah. Tapi sampe sekarang gak jelas, gak pernah ngumpul lagi. Padahal asik kan ya bisa ngumpul di dunia nyata.. 😥

  7. ciyeee ganti template nih….
    sama-sama berharap semoga acara apa pun salah satunya blogger ga cuma terpusat di jakarta atau jawa pada umumnya, tapi bisa sering-sering di luar jawa dan yang lebih penting saya bisa ikut 😀

    @f_nugroho

Silakan berkomentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s