Perkembangan Blogger 2015

Konsisten ngeblog itu perlu! Buat apa? Ya supaya pembaca setia blog kita ini tidak ketinggalan info menarik yang kita sajikan pakai bumbu-bumbu lezat rancangan kita, dong. Itu penting. Ngeblog itu ibarat makan, kalau ngga ngeblog bisa jadi lapar dan kalau udah ngeblog jadi kenyang. Iya nggak? Gitu nggak? Saya sih gitu ngerasanya.

IMG_20150105_183224

Nah, kalau udah ngeblog kan kita jadi kenyang tuh. Saya katakan kenyang kenapa? Kenyang informasi. Kenapa kok jadi kenyang informasi? Karena kita ngeblog pasti juga butuh sumber valid buat ngedukung apa yang akan kita tulis. Ditambah lagi jika kita blog walking. Satu kegiatan yang sangat membantu kita untuk menumpuk ide.

Kalau tahun lalu kita sudah dipenuhi politik dan teman-teman blogger juga ikut membahasnya. Tahun ini, kira-kira apa yang bakal jadi tren dikalangan kita, ya (para blogger)? Nih, kalau saya sih masih berpikiran kalau teman-teman blogger juga mau ikut-ikutan komentar tentang gosip-gosip artis gitu, sama seperti menjelang akhir tahun lalu. #eeh #sorry

Berita duka di awal tahun ini memang masih didominasi oleh jatuhnya pesawat AirAsia. Tapi siapa sangka jika nantinya semakin menginjak pertengahan tahun, tren akan berubah? Ya. Seperti yang kita tahu juga bahwa persoalan-persoalan di Indonesia ini banyak. Tapi yang tren sejak perubahan kabinet adalah satu nama, Susi Pudjiastuti. Tuh, kan. Ini juga bisa jadi tulisan menarik yang nantinya akan menyedot banyak pembaca.

Blog adalah sebuah tempat untuk berbagi. Di dalamnya kita bisa menemukan banyak hal seperti tulisan, gambar, maupun ide. Ya! Ide. Karena ide bisa datang dari mana saja, termasuk blog. Namun kita seringnya menjumpai blog yang berisi kata-kata. Padahal, tak mesti blog itu isinya kata-kata semua.

Dari blogger sendiri sebenarnya juga ada macamnya, seperti memilih genre. Ada blogger traveler, fashion blogger, blogger pendidik, blogger pebisnis, blogger promotor, blogger fiksioner, dan sebagainya tergantung keinginan sang pemilik blog. Dibahas beberapa aja ya, biar enak..

  1. Blogger traveler
    Tipe blogger yang seperti ini biasanya didominasi sama blogger-blogger yang suka berpergian ke tempat-tempat menarik untuk kemudian menuliskan cerita tentang tempat tersebut yang biasanya disertai pengalaman pribadi.
    Ini juga bermanfaat banget loh, terutama buat kita-kita yang kuper (jarang keluar rumah juga) akhirnya jadi tahu tempat-tempat seru dan keren yang ada di alam semesta.
    Selain itu, blogger ini juga turut mempromosikan daerah atau tempat yang ia tulis.
  2. Fashion Blogger
    Di blog para fashion blogger biasanya mempromosikan baju yang sedang tren atau baju yang ia pakai akan menjadi tren. Itu aja sih..
  3. Personal Blogger
    Kalau yang ini, semua orang pasti tahu.
  4. Tutorial Blogger
    Lah, ini juga? Tenang. Blogger yang seperti ini biasanya memberikan tutorial seputar blog, website, atau media sosial lain.
  5. Education Blogger
    Blog edukasi maksud saya. Blogger yang memiliki blog tersebut akan memperbaharui informasi seputar pendidikan (khusus pendidikan di blognya).
  6. Blogger Politikus
    Blogger ini akan membahas informasi-informasi seputar dunia politik dan seluk beluknya.
  7. Commenters Bloger
    Karena blogger yang beginian cuma bisa komen. Namanya juga manusia. Ini itu pastinya komen lah. #eeaa

Tahun 2015 ini adalah tahun ketika Masyarakat Ekonomi ASEAN dijalankan. So guys, we will be economic person. Lah? MEA itu sendiri merupakan bentuk realisasi dari tujuan akhir integrasi ekonomi di kawasan Asia Tenggara. Nama kerennya sih pasar bebas. Tentu, ini akan sangat berdampak bagi blogger karena dengan mendapat suntikan informasi tentang MEA akan mengakibatkan semangat membara untuk segera memperbarui lamannya dengan informasi MEA ini.

Bagi pebisnis, informasi-informasi terkini di dunia nyata tentu akan menjadi informasi yang sangat penting untuk didapatkan. Hal tersebut juga akan mempengaruhi kondisi blogger untuk memperbarui blognya dengan situasi yang sedang tren saat ini dan ramalan kedepannya.

Kembali ke judul asal mengenai perkembangan blogger 2015. Berdasarkan yang telah saya tulis, yang akan tren dikalangan blogger selama 2015 ini adalah MEA meski tak menutup kemungkinan jika nantinya akan ada trending topik yang lebih besar lagi dari hal tersebut atau bahkan, MEA tak menjadi tren.

Sementara itu, blogger traveler akan terus terangkat mengingat visit Indonesia selalu dipromosikan. Ini akan menjadi topik yang selalu menarik bagi banyak kalangan. Selain itu pula masih banyak surga kecil di Indonesia ini yang belum terangkat, seperti tempat wisata kecil-kecilan di daerah yang sebenarnya layak dikunjungi tetapi karena sepi jadi tidak terurus dan malah ditinggalkan.

Dengan adanya blogger traveler yang mau mengangkat tulisan mengenai tempat-tempat wisata kecil tersebut, harapannya agar ada pihak yang peduli kemudian gigih mempertahankannya sehingga menjadi tempat yang nyaman untuk dikunjungi.

Belakangan ini kita sering mendengar istilah blogger semakin melengking dan merasuki jiwa-jiwa muda karena adanya sebuah event seperti lomba blog. Selain itu pula ada latihan menulis tetap yang menggunakan blog sebagai medianya. Saya juga senang dengan perkembangan yang seperti ini karena dengan demikian akan menggerakkan banyak kaum untuk menggunakan blog, entah sekedar menulis cerita atau berbagi hal lain.

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini sudah banyak orang yang memiliki blog namun belum bisa merawatnya dengan baik sehingga menjadi santapan enak sarang laba-laba untuk bertahan hidup di sana. I mean bahwa blog yang seperti itu biasanya sepi pengunjung, jadi sang pemilik meninggalkannya.

Layaknya media sosial lain, blog juga punya statistik. Maksud saya di sini adalah pasang surut sebuah blog itu sendiri berasal dari pengelolanya. Jika sang pengelola blog mahir dalam mempromosikan blognya, maka akan memacu semangat sang pemilik blog untuk terus berkarya di blog tersebut.

Namun saya yakin bahwa blog akan terus dan selalu berkembang setiap tahunnya mengingat kebutuhan akan informasi selalu dibutuhkan. Blog sangatlah berguna. Beberapa orang menggunakan blog untuk mendapatkan informasi dan menambah wawasan. Oleh karena itu blogger, mari kita isi blog kita dengan hal-hal yang bermanfaat. 🙂

Salam,
^_^

Advertisements

35 thoughts on “Perkembangan Blogger 2015

    • Iya mbak, travel blogger memang keren, bisa ngasih tau tempat-tempat keren meski terpencil yang ga terekspos media yang ada jauh dari tempat tinggal kita, luar pulau misalnya. 😀

    • Haha.. karena komentator cuma bisa komen.. wkwkwk. memang enak komen, tinggal ngomong. tapi ngga enaknya ntar kritikannya dari luar.. duuh ampun.

    • Hehe. Iya. Saya pikir seperti itu, soalnya berita di tv juga ramainya tentang politik, kan. dimana-mana politik. mana lagi di beberapa daerah yang mungkin sebentar lagi mengadakan pemilihan kepala daerah. ya. seperti itu lah.
      yap, semangat.. terima kasih. 🙂

    • Iya mbak, mungkin bisa disambi aja gitu, buat sampingan kalau mau bikin blog parenting?
      Tapi itu terserah mbak aja, sih 😀

  1. Wah mantap ini tulisannya..
    Ngomong2 2015 ini aku mau ngeblog apa, kayaknya lebih pasnya nata niat biar bisa lebih konsisten untuk posting.. Maklum, beberapa tahun terakhri angin2an postingnya. 😀 hehehe…

    Salam kenal.. 🙂

Silakan berkomentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s