Lezat dan Bersahabat, Kripik Tempe

Makanan ringan yang lezat dan ringan seperti kripik tempe memang enak dijadikan teman makan besar, seperti makan nasi pecel dengan kripik tempe. Wah, nikmat sekali. Perpaduan antara tepung dengan tempe yang melebur dengan tepung beras dengan paduan rempah yang lezat akan membuat Anda ketagihan untuk memakannya. Tentu saja, karena kripik tempe merupakan makanan renyah yang gurih. Kelezatan kripik tempe tidak datang begitu saja. Dengan komposisi bahan yang menggoda lidah, Anda akan dimanjakan dengan kenikmatan yang tak terkira.

Pagi ini, Selasa, 16 Desember 2014 saya pergi ke sentra kripik tempe di Kelurahan Jenar, Kabupaten Blora. Mudah untuk mencari tempat tersebut karena letaknya berada di belakang SMPN 2 Blora. Banyak home industry kripik tempe yang dapat kita temui di sini. Dari rumah ke rumah, kita akan melihat papan nama kripik tempe yang berbeda-beda. Jarak yang berdekatan seolah tidak menimbulkan perkara mengingat persaingan sempurna yang akur menjadikan keindahan dan kemenarikan serta daya tarik orang-orang untuk berbelanja kripik tempe langsung di area ini.

IMG_20141215_114038

Adalah Kripik Tempe Cap Jempol yang mampu membangkitkan nafsu makan saya. Kripik tempe ini sangat lezat dan banyak menjadi pilihan. Dari berbagai pilihan kripik tempe yang ada,memang kripik tempe ini yang mengundang selera, entah mengapa. Tetapi tiap kali saya berpergian bersama teman untuk membeli kripik tempe, tetap saja berhenti di kripik tempe ini. Dari tempat, memang tak jauh beda dengan yang lain, sama-sama home industry yang berarti pembuatannya pun di rumah.

Yang membedakan antara kripik tempe yang satu dengan yang lain adalah racikan bumbu. Meski terbuat dari bumbu yang sama, namun jika dibuat oleh tangan yang berbeda pasti juga terdapat perbedaan rasa meski sedikit. Saat mencampurkan bumbu, kita harus mengetahui bahan mana yang didahulukan dan bahan mana yang dimasukkan terakhir.

Rata-rata di sentra kripik tempe ini, semua membuat tempe sendiri. Mereka meracik dari awal. Seperti meragikan kedelai sampai mengemas. Karena home industry, maka jelaslah bahwa hal tersebut dilakukan oleh ibu rumah tangga.

Saya salut dengan ibu-ibu di tempat tersebut, karena telah terbiasa membuat kripik tempe, maka kecepatan mereka membuat kripik tempe tidak bisa diragukan lagi. Dari memotongi, meracik, hingga mengemas dalam waktu kurang dari satu jam mereka bisa mengemas lebih kurang lima kripik tempe.

.

Advertisements

14 thoughts on “Lezat dan Bersahabat, Kripik Tempe

  1. Wih…. kripik tempenya enak tuh kayaknya. Aku sih suka semua olahan kedelai, mulai dari tahun, tempe, kecap, sampai oncom, enak semua 😀

Silakan berkomentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s