Tentang Pegunungan Kapur di Blora

Blora dan gunung. Merupakan suatu rangkaian yang tak terpisahkan. Bagiku. Di Blora memang ada gunung, namun deretan pegunungan kapur. Tidak tinggi, memang. Seperti Gunung Manggir yang berada di Kec. Todanan, atau Gunung Pencu yang berada di Kec. Bogorejo.

Meski hanya pegunungan kapur, namun deretan pegunungan tersebut sudah mampu menarik banyak perhatian dari masyarakat untuk didaki dan dieksplor. Seperti pegunungan kendeng. Pegunungan tersebut memang terbentang di berbagai kabupaten dan salah satunya adalah Blora. Pegungan tersebut ada dua, utara dan selatan.

Sebagai pegunungan kapur, tentunya juga memiliki fungsi yang sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar sebagai sumber pendapatan. Pula sebagai tempat penyimpanan cadangan air.

Pernah suatu ketika ada rencana akan didirikan pabrik semen di pegunungan kendeng utara, tempatnya di Kabupaten Rembang. Namun berkat pembelaan yang sangat dahsyat dari masyarakat, baik Blora maupun Rembang, alhasil pabrik tersebut tidak jadi didirikan.

Ya, memang. Kita harus menjaga dan merawat ciptaan Allah. Semuanya sangat berharga. Jadi, jangan rusak bumi kita tercinta ini.

Selamat hari gunung internasional.

Salam,
^_^

Advertisements

Silakan berkomentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s