Pelopor Masa Depan Bangsa adalah Mereka yang Berpikir Bersih

Hari anti korupsi mengingatkan kita akan korupsi yang masih belum tertangani di bumi pertiwi ini. Masih banyak yang perlu dibenahi demi terwujudnya keadilan sosial sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945.

Masalah korupsi adalah masalah terbesar negeri ini. Seperti yang kita tahu bahwa sedikit banyak korupsi diikuti oleh kolusi dan nepotisme.

Diambilnya tema ‘Tegakkan Integritas’ sebagai tema hari korupsi tahun ini menunjukkan bahwa sebenarnya pemerintah menginginkan kejujuran dalam pekerjaan apapun. Integritas yang dibangun oleh pemerintah bertujuan pesat untuk mengangkat kewibawaan siapapun agar tidak terlibat korupsi.

Jangan sanjung koruptor merupakan pesan hari anti korupsi yang disampaikan oleh Zulkarnain (Wakil Ketua KPK) pada tahun ini. Memang benar sekali bahwa koruptor tak seharusnya disanjung, mereka akan tambah besar kepala jika mereka menerima sanjungan. Hal tersebut akan berpengaruh pada pekerjaan mereka, mereka akan merasa bahwa pekerjaan mereka sudah benar jika seperti itu.

Masih ada lagi pesan lain yang disampaikan, yakni dari Busyro Muqoddas bahwa hari anti korupsi adalah milik manusia yang insaf, bahwa korupsi adalah penyakit ganas yang merenggut kesejahteraan sosial-ekonomi rakyat.

Tentu kita mendengar ‘revolusi mental’ yang digerakkan oleh presiden baru kita. Teori ini sengaja digerakkan untuk mengembalikan pola pandang masyarakat agar sesuai dengan dasar dan falsafah negara dan juga agar tidak melesat dari yang telah ditetapkan.

***

Berpikir bersih merupakan salah satu kriteria unggul yang dibutuhkan oleh seorang pemimpin. Jika seseorang bisa berpikir bersih, maka ia tak akan sedikitpun memiliki rasa untuk korupsi karena ia mengerti bahwa yang akan dikorupsikan tersebut adalah bukan haknya.

Generasi muda yang mampu berpikir bersih tentunya juga akan menjadi baik. Mereka cenderung bisa berpikir tentang hal-hal baik yang akan mereka kerjakan dan mereka berikan.

Advertisements

2 thoughts on “Pelopor Masa Depan Bangsa adalah Mereka yang Berpikir Bersih

Silakan berkomentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s