Mari Wujudkan Revolusi Mental dengan Penguatan Guru

Cahaya terangmu mulai memasuki ruang hampaku

Mengisinya dengan berbagai kesempatan menyala

Membakar semangatku menjadi menjemu

Mengepakkan sayap ke lengkungan indah membentuk lingkaran

Merangkul jiwa membentur hati

Membuka pengalaman baru

Salah satu alasan mengapa manusia perlu belajar adalah peningkatan kualitas hidup ke arah yang lebih baik. Indikator untuk bisa menjalani kualitas hidup yang lebih baik salah satunya adalah dengan pendidikan. Pendidikan bisa ditempuh dengan cara formal, nonformal, dan informal. Dalam pendidikan, kita perlu seorang pendidik. Banyak orang bisa kita jadikan pendidik bagi kita. Dan orang tersebut adalah guru.

Guru. Banyak yang bisa menjadi guru kita. Yang pertama kali menjadi guru tentunya adalah ibu kita sendiri, kemudian ayah, dan anggota keluarga kita yang lain. Hal tersebut merupakan guru informal. Namun bukan itu yang akan saya bahas di sini. Yang akan saya bahas adalah guru dalam artian formal, guru yang mengajar di kelas.

Guru memiliki organisasi resmi yang bernama PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia). Guru akan berkumpul membicarakan masa depan bangsa, yaitu mendidik para calon generasi penerus bangsa. Tunas-tunas kecil yang siap ditumbuhkan untuk menjadikan bangsa yang maju, yang mampu memiliki mental yang baik.

Mewujudkan mental yang baik bagi generasi penerus bangsa memerlukan peran kuat dari seorang guru. Ini karena guru sebagai pendidik formal memiliki peranan penting untuk membentuk pengetahuan anak melalui ilmu yang ia salurkan.

Dengan tema “Mewujudkan Revolusi Mental melalui Penguatan Peran Strategis Guru”, maka guru dipandang sebagai pembentuk mental. Disini, peran guru sangat diperhatikan karena peran strategis tersebut adalah mendidik para generasi penerus bangsa dengan menanamkan nilai-nilai kebangsaan.

Advertisements

Silakan berkomentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s