Amazing Art on the Line – Pandanaran Art Festival 2014

 1

Hiburan tak harus mahal. Begitulah pemikiran saya ketika memasuki kawasan Jl. Pandanaran II Semarang pada 21 November 2014 malam hari. Sudah terbaca di depan saya akan banyak stand menarik yang memberi hiburan untuk sekedar cuci mata. Disajikan pemandangan kuliner tak membuat saya lapar, malah terus ingin melanjutkan perjalanan menuju tempat-tempat selanjutnya.

Waktu masih menunjukkan sekitar pukul 8 malam ketika saya memasuki zona jualan di Pandanaran Art Festival. Saya berkeliling. Di sini ada beberapa zona, yaitu zona jualan, zona kuliner, zona art, hotel, dan zona dolanan. Zona yang unik.

(6)

Tepat pada pukul 20.30 waktu Semarang, pak walikota yang berbaju putih dan mengenakan sarung setengah kaki berjalan dengan gagahnya memecah tempayan yang berisi bunga dan kacang sebagai pertanda resmi dibukanya acara ini dilanjutkan dengan perjalanan pak walikota mengelilingi area festival.

(33)

Yang paling seru dari acara ini adalah ada empat panggung berbeda yang menyajikan acara berbeda pula. Empat panggung berbeda tersebut membuat suasana festival semakin seru, karena di setiap panggung juga menyajikan acara yang dapat dijadikan unggulan sendiri-sendiri. Panggung di zona jualan mementaskan lagu-lagu yang dimodifikasi dengan alat kesenian daerah. Lain lagi dengan panggung di zona dolanan yang diisi dengan anak-anak (SD) yang bernyanyi, menari, dan memainkan alat musik. Zona art juga memiliki panggung, ada pemutaran film yang dilakukan, baik film dokumenter maupun semacamnya. Dan yang terakhir, panggung di zona hotel adalah yang paling spektakuler karena pak walikota membuka acara di panggung tersebut.

(19)

Pada zona jualan, kita akan disambut barang-barang seperti baju batik, tas, kerudung, dan pernak-pernik aksesoris. Di zona kuliner dapat kita temui beragam makanan dan minuman seperti juice (jus semacam capucino cincau dan kawan-kawan), susu, dan beragam makanan, baik olahan maupun yang seperti lunpia.

Zona donalan diisi dengan mainan anak-anak (yang jelas ketika orang dewasa memainkannya akan dikira MKKB alias masa kecil kurang bahagia). Terlihat sangat asyik sekali lokasi zona dolanan ini karena diantara panggung zona dolanan dan gapura zona kuliner serta di dekat zona hotel, serta tak jauh dari situ ada zona art (yang berarti zona dolanan tepat berada di tengah).

Zona hotel merupakan zona yang paling keren karena berisi masakan-masakan yang tentunya lezat dan sangat menggoda. Jelas sekali, pada 22 November 2014 dilaksanakan perlombaan masak antarhotel yang tampil di Pandanaran Art Festival ini.

(7)

Zona art adalah zona yang paling eksotis karena berisi belasan komunitas yang ada di Semarang. Berbagai karya seni dapat kita lihat di sini seperti lukisan kanvas atau kertas, seni lukisan tangan, fotografi, barang-barang cantik dari RUN SMG, buku-buku sejarah Semarang, foto-foto Semarang tempo dulu atau Kota Lama Sekarang dan perbandingannya dengan masa kini, wayang-wayang cantik dari Sobokartti, dan masih banyak karya seni lain yang ditampilkan.

.

Festival yang diadakan setiap tahun ini selalu mengundang banyak pengunjung, mulai dari anak-anak hingga lansia. Memang benar bahwa festival seperti ini patut dipertahankan atau bahkan dibuat festival sejenis untuk menjaga dan melestarikan kelangsungan budaya Indonesia khususnya di Jawa Tengah.

Sungguh menyenangkan sekali bisa mengunjungi festival yang seperti ini karena mengangkat budaya dan seni serta mengingat kembali sejarah.

^_^

Advertisements

Silakan berkomentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s