Sesuatu yang Kusebut itu Ladang Tambahan Ilmu

Teringat dalam benak saya, sebuah masalah yang tidak akan membuat Anda percaya, tapi bisa mengubah kelangsungan hidup saya sebagai mahasiswi. Sesuatu hal yang akan membuat setiap orang kemungkinan berpikir bahwa “Oh, ini penting” atau bahkan meninggalkannya sejenak karena jenuh, sampai merinding untuk didengar, apalagi dikerjakan. Sebenarnya ini juga bukan prioritas saya ketika pertama kali menjejaki kampus untuk mengikuti kuliah. Ini adalah hal tambahan yang menurut saya akan sangat membuka pintu otak saya dan mempersilakan mereka masuk dalam pikiran saya, bahkan sampai mereka menginap, mengendap, tertidur pulas, dan kemudian saya obrak-abrik lagi. Atau mungkin, hal tersebut adalah semu untuk dikerjakan. Namun tidak, saya masih memiliki perasaan untuk tidak membuangnya dalam-dalam jauh menjelajahi pikiran saya.

Saat sesuatu itu terus menghantui, bukannya saya makin tergila-gila. Saya dibuat pusing olehnya. Terkadang saya juga berpikir bahwa sesuatu tersebut bahkan bisa menyaingi sesuatu yang sudah saya buat sebelumnya. Sesuatu yang membuat saya bisa mengubah pikiran dengan cepat. Atau mungkin saya sudah terlalu lelah dan terikat dengannya, saya tidak tahu pasti. Ini membuat saya agak bingung karena masih terlalu rancu untuk memikirkannya. Bahkan ketika saya akan tertidur pun saya akan melirik ke sesuatu tersebut sebentar, hanya sekedar memastikan apakan sesuatu itu sudah sempurna seperti yang saya inginkan atau masih ada yang perlu diperbaiki. Kemudian saya mencatatnya dalam otak saya dan berharap esoknya akan dapat terkendali dengan baik.

Mungkin kalian akan heran mengapa saya sangat memikirkan hal ini. Namun percayalah, sebenarnya saya juga tidak ingin memikirkan hal ini. Saya bahkan sudah agak muak untuk melihatnya. Bahkan hanya sekedar untuk melihat apakah hal ini akan membuat saya setengah sadar. Saya juga bingung. Terkadang saya merasa bahwa sesuatu tersebut telah mengusasai saya, bahkan ketika saya membuat sebuah kalimat pun saya mencoba merangkai dengan apa yang ada, namun tetap teringat sesuatu tersebut akan membuat saya berpikir ulang. Sungguh, ini bukan yang saya inginkan ataupun saya harapkan. Saya hanya ingin melaksanakannya dengan baik dan mengerjakannya dengan sepenuh hati. Bahkan saya juga sempat-sempatnya memikirkan bagaimana ini akan terlihat di mata mereka. Oleh karena itu, saya perlu banyak pendukung di dalamnya. Meski pendukung tersebut adalah internal, namun saya sangat menghargainya. Itu cukup bagi saya.

Sesuatu tersebut mungkin akan membuat saya banyak berpikir dan menghabiskan waktu luang saya. Saya sering sedih jika memikirkan hal ini kembali. Namun saya sadar bahwa waktu tak dapat diputar, maka saya dengan senang hati bekerja keras untuk menemukan hal baru dari sesuatu tersebut. Mungkin waktunya tidak lama, namun saya sangat suka melakukannya. Saya sangat berpikir bahwa sesuatu baru tersebut akan menunjang dan memberi saya banyak inspirasi, bahkan sebagai tujuan untuk dikejar.  Meski saya sudah mengerti konsep pikiran saya secara layak, namun bukan alasan bagi saya untuk tidak memperlakukan sesuatu itu dengan baik. Saya sangat menghargai jasa pemikiran otak saya sendiri untuk membuat diri saya merasa nyaman terhadap segala situasi dan kondisi kepada sesuatu tersebut.

Bukannya saya merasa sesuatu tersebut sudah merupakan sebagian dari saya, namun terkadang saya juga berpikir bahwa saya butuh dari sekedar itu. Saya butuh dari sekedar sesuatu yang bisa membuat saya merasa nyaman. Saya bukannya tidak mau berurusan lagi dengan sesuatu tersebut, tetapi saya ingin mengembangkannya dengan kemampuan saya, dengan keinginan saya, dan segala yang saya mengerti tentang sesuatu tersebut. Saya selalu ingin membuat hal tersebut berarti bagi saya.

Seuatu tersebut adalah tugas. Yang bagi saja akan membuka pikiran saya dan meluruskan jalan saya dalam mencari tambahan ilmu. Tugas adalah sesuatu yang mampu membuat saya lebih megerti dari sebelumnya. Semoga dengan tugas, akan ada sesuatu yang  lebih berarti dan bermakna.

Salam,
^_^

Silakan berkomentar :)

