Bangun Soliditas Pemuda Maju dan Berkelanjutan

Memperingati hari sumpah pemuda ke-86, Indonesia masih berlinang dan masih banyak yang perlu diperbaiki. Dalam tubuh Indonesia diusianya yang semakin tua (jika disamakan dengan usia manusia), bangsa Indonesia tetap berusaha menjaga keutuhan dan memajukan negara tercinta ini. 86 tahun yang lalu tepatnya, lahir sebuah sumpah untuk menyatukan Indonesia dengan Sumpah Pemuda yang digagas oleh beberapa organisasi pemuda di Indonesia. Betapa besar tekad mereka untuk mewujudkan sebuah negara yang bertumpah darah yang satu – tanah air Indonesia, berbangsa yang satu – bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan – Bahasa Indonesia. Sumpah Pemuda ini kemudian menjadi acuan dan digunakan hingga sekarang karena kesesuaiannya yaitu cita-cita tulus, ide cemerlang dari pemuda bangsa untuk Indonesia.

Bangun Solidaritas Pemuda Maju dan Berkelanjutan merupakan tema Sumpah Pemuda tahun ini yang memiliki makna bahwa para pemuda Indonesia harus bersemangat membangun Indonesia dalam hal menggunakan perannya secara baik dan benar untuk mempersatukan bangsa Indonesia dan pembangunan nasional. Seperti yang kita tahu bahwa semua elemen bangsa diperlukan untuk membuat Indonesia lebih sejahtera. Hal ini juga dimaksudkan untuk para pemuda karena mereka adalah sosok generasi penerus bangsa sehingga diharapkan mereka bisa lebih menghayati tentang negeri ini, tentang bangsa ini, dan sadar akan peran mereka yang begitu penting untuk membangun bangsa kedepannya. Para pemuda-pemudi adalah harapan bangsa sehingga perlu pengembangan wawasan mengenai silsilah bangsa dan sejarah Indonesia untuk mewujudkan sumpah pemuda yang sebenarnya pada masa mendatang.

Solidaritas pemuda maju adalah hal penting yang dibutuhkan untuk mencapai kesejahteraan yang berarti kemajuan pemuda juga merupakan kemajuan suatu bangsa. Solidaritas merupakan alat untuk menyatukan, karena di dalam solidaritas tersimpan keinginan untuk saling bersama dan rasa memiliki. Dengan solidaritas maka kita akan menjadi kuat karena kita bersatu di dalamnya untuk sebuah kemajuan. Pemuda yang maju juga berarti pemuda yang memiliki inovasi, kreasi, dan kreativitas tinggi. Oleh karena itu diharapkan pemuda bisa membuat langkahnya sendiri menuju kemajuan bersama. Mereka harus bisa menghadapi tuntutan zaman tanpa melupakan rasa keIndonesiaan.

Diharapkan dengan tema kali ini pemuda bisa lebih berpikir jauh untuk membawa kemajuan Indonesia secara berkelanjutan. Pemuda adalah harapan masa depan karena di tangan merekalah nantinya Indonesia ini yang berarti akan mereka bawa entah sampai kemana hingga bisa maju dengan mengedepankan sumpah pemuda tanpa melupakan Pancasila beserta Undang-Undangnya.

Salam Sumpah Pemuda
^_^

Tulisan ini terinspirasi dari sambutan Menpora pada upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-86 tahun 2014.

Advertisements

2 thoughts on “Bangun Soliditas Pemuda Maju dan Berkelanjutan

Silakan berkomentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s