G30S/PKI, Sejarah Bangsa 49 Tahun Lalu

G30S/PKI. Apakah Anda masih mengingat hal tersebut? Saya yakin Anda pernah mendengar hal tersebut karena kejadian ini sangat terkenal, terlebih dahulu salah satu syarat untuk mendaftar pegawai negeri adalah bukan orang PKI maupun orang-orang yang terlibat dalamnya ataupun saudaranya sekalipun. Kita pasti pernah (atau bahkan masih) mempelajarinya melalui buku-buku sejarah atau biografi pahlawan bangsa. G30S/PKI sangat ditakuti karena telah memakan korban yang jumlahnya bisa membuat orang merinding.

Sembilan pahlawan kemudian gugur setelah itu rakyat melakukan perlawanan sehingga terjadilah pertumpahan darah di banyak daerah. Ini tentu membuat orang pada zaman itu berpikir panjang mengenai semua hal dalam hidupnya, yaitu tentang kelangsungan hidupnya.

Ya, itu zaman dahulu. Ketika mereka masih berada di zaman yang belum menentu karena masih ada saja yang menuntut keadilan dengan kekerasan. Beruntung yang hidup pada zaman ini karena kekerasan yang dilakukan tidak sekejam zaman penjajahan maupun saat Indonesia baru merdeka, saat perebutan kekuasaan dan semacamnya. Meski terkadang masih ditemui konflik serupa, namun itu tidak menyangkut semua warga Negara, hanya yang bersangkutan saja. Tapi tetap saja, yang namanya asas kekeluargaan. Masalah seperti itu membuat kita bahu membahu, bantu membantu untuk menyelesaikannya.

Kita sebagai bangsa Indonesia adalah bangsa yang menganut Pancasila. Sebenarnya lima sila ini sudah dibuat baik-baik oleh para pembangun bangsa. Namun mengapa masih saja terjadi pelanggaran pada ke lima silanya? Ya mungkin saja terbuai oleh perubahan sehingga lupa. Nah jika dilihat dari Pancasila, gerakan 30 september oleh PKI 49 tahun silam menurut saya itu melanggar sila ke dua dan sila ke tiga. Mengapa demikian? Karena korbannya adalah manusia dan terjadi oleh orang Indonesia meski dalangnya banyak.

Semoga tidak ada lagi masalah seperti itu di Indonesia tercinta ini. ^_^

Advertisements

Silakan berkomentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s