Yang Membuatmu Tidak Langsung Pulang Ketika Bel Pulang Sekolah

Dulu saat zaman saya di sekolah, saya kalau pulang sekolah bukan langsung pulang ke rumah, tapi masih asyik di sekolah. Entah ada apa saya sendiri juga tidak tahu. Tapi yang jelas, saya pulang sekolah tidak tepat jam 13.30. Nah kini, saat saya kuliah pun juga demikian. Saya tidak langsung pulang ketika sudah tiba waktunya pulang. Kini baru saya sadari hal tersebut sampai saya terpikir untuk menuliskan posting ini. Ternyata banyak hal yang telah saya lalui ketika saya pulang terlebih dahulu. Begitu kah? Iya saya rasa. Karena tidak semua muncul ketika ada jam kosong dan waktu luang lain. Kadang semua tiba-tiba tanpa sepengetahuan kita.

Berlama-lama di sekolah kadang membuat saya berpikir bahwa, “Ah, saya jadi kurang bisa menikmati waktu di rumah.” Memang benar. Tapi di sisi lain juga membuat saya jadi lebih jauh mengenal sekolah, mungkin beserta seluk-beluknya. Mengapa mungkin? Karena kalau saya tidak menyertakan kata mungkin, sepertinya saya sudah mengetahui benar mengenai kondisi sebenarnya. Saya tidak ingin berbohong bahwa masih ada yang belum saya ketahui mengenai sekolah maupun kampus saya. Dulu, gara-gara keseringan di sekolah, dikira saya sekolah sehingga guru saya bertanya, “Kok betah banget di sekolah?” Diberi pertanyaan seperti itu, saya hanya tersenyum karena bingung akan mnjawab apa. Sebenanya tidak bingung juga karena arah saya adalah mau ke mushola dan guru saya malah dari arah mushola.

Bagi sebagian orang, berlama-lama di sekolah atau di kampus memiliki sensasi tersendiri. Terlebih jika di pojokan sekolah dan sepi. Bukan bersama teman, maksud saya adalah sendirian. Terlihat aneh? Tidak menurut saya. Itu adalah wajar asal kita tidak melakukan hal apapun yang mencurigakan. Oke, daripada penasaran apa alasannya, yuk kita simak selanjutnya karena sekarang, saya akan berbagi sedikit pengalaman saya mengenai alasan seseorang bisa berada lebih lama di sekolah maupun kampus.

  1. Mengerjakan tugas
    Nah, ini adalah alasan utama mengapa teman-teman masih saja betah di sekolah atau kampus. Biasanya, tugas yang dikerjakan adalah tugas kelompok mengingat ada teman yang rumahnya jauh tidak ingin repot jika harus pulang-pergi. Selain itu ada juga yang mengerjakan tugas individu di sekolah atau kampus dengan alasan kalau mengerjakan di rumah nanti harus mengulang lagi karena takut ada yang kelupaan. Nah, kalau di sekolah kan kita bisa tanya teman yang masih ada di situ sekalian minta diajari. 😀
  2. Nongkrong
    Wah, sekolah atau kampus menjadi tempat nongkrong? Ah iya, teman. Benar. Saya pernah menemui ada beberapa orang yang masih berada di kampus atau sekolah hanya sekedar berkumpul bersama teman-teman mereka, tertawa bersama, berbagi cerita, dan juga gitaran atau menyanyikan lagu bersama, atau bahkan dibuat menjadi ajang curhat. Ah, sungguh senang rasanya jika seperti ini. 🙂
  3. Ekstrakulikuler
    Bagi orang yang mengikuti ekstrakulikuler, pulang sekolah tidak tepat waktu merupakan hal biasa karena mereka melakukan aktivitas belajar juga dalam ekstrakulikuler ini. Jadi, tidak akan ada masalah bagi mereka.
  4. Belum Dijemput
    Ah ini, tidak bisa dipungkiri lagi kalau alasan ini benar-benar dipakai. Menunggu jemputan adalah hal yang melelahkan.
  5. Masih di Kantin
    Kalau yang ini mungkin jarang, tapi ada juga yang suka di kantin. Alasannya mungkin di rumah masih sepi dan tidak mau makan sendiri atau mungkin ada alasan lain yang tidak kita tahu.
  6. Betah di Masjid/Mushola
    Buat yang muslim, betah di masjid/mushola kampus/sekolah juga salah satu faktor orang berlama-lama di sekolah/kampus. Ya mungkin karena ingin melanjutkan baca Al-Qur’an atau mengikuti kegiatan yang diadakan oleh pengurus Rohis.
  7. Banyak Teman yang Juga Belum Pulang
    Kalau kondisinya seperti itu, maka akan membuat kita mudah untuk mempunyai teman karena kita bisa mendekati mereka tanpa susah payah. Tapi tetap saja bahwa ada tenggang waktunya karena mungkin mereka juga hanya ingin rileks sebentar.
  8. Curhat sama Satpam
    Saya belum yakin akan hal ini. Tapi kebanyakan orang yang sudah dekat dengan penjaga sekolah/kampus akan meluangkan waktunya sebentar untuk bercengkrama bersama.
  9. Masih Mencatat yang Ada di Papan Tulis
    Karena seseorang bisa mencatat lebih banyak (seperti mbatik) bisa menjadikan seseorang masih saja di kelas untuk menulis penjelasan dari guru yang masih ditulis di papan tulis.
  10. Piket
    Karena ini adalah tanggung jawab bersama, maka alasan ini adalah layak (kembalikan sesuai tempatnya seusai memakai) yang berarti kita harus merapikan kembali apa yang telah kita pakai.

Ya, teman. Sekian dari saya. Masih banyak lagi alasan lain-lain yang teman-teman lain pasti juga tahu sendiri.

5 thoughts on “Yang Membuatmu Tidak Langsung Pulang Ketika Bel Pulang Sekolah

    • (KISAH SUKSES)rahim ; Lolos PNS Guru di lingkungan PEMDA Berau)

      seorang Honorer di sekolah dasar sumatra, Sudah 11 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 3 kali mengikuti ujian, dan membayar 45 jt namun hasilnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no tlp Bpk TAUCHID DJATIKO Selaku petinggi di BKN pusat yang di kenalnya di jakarta dan juga mengurusnya jadi PNS, saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim Berkas saya melalui Email, alhamdulillah No Nip dan SK saya akhirnya keluar, Jadi apapun keadaan anda skarang jangan pernah putus asa dan terus berusaha, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasih jalan, itu adalah kisa nyata dari saya,
      Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

      1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.
      2. Terimakasih untuk khususnya Bpk.Drs.TUCHID DJATMIKO SH.M.SI beliau selaku Kepala tim pengadaan CPNS BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.Teman teman yg ingin seperti saya silahkan anda hubungi bpk Drs TUCHID DJATMIKO Tlp; 085219213342 Siapa tau beliau mau bantu.

  1. (KISAH SUKSES)Dedy ramli; Lolos PNS Guru di lingkungan PEMDA Berau)
    Assalamu Alaikum wr-wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar sumatra, Sudah 11 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 3 kali mengikuti ujian, dan membayar 45 jt namun hasilnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no tlp Bpk TAUCHID DJATIKO Selaku petinggi di BKN pusat yang di kenalnya di jakarta dan juga mengurusnya jadi PNS, saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim Berkas saya melalui Email, alhamdulillah No Nip dan SK saya akhirnya keluar, Jadi apapun keadaan anda skarang jangan pernah putus asa dan terus berusaha, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasih jalan, itu adalah kisa nyata dari saya, Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :
    1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.
    2. Terimakasih untuk khususnya Bpk.Drs.TUCHID JATMIKO.Msi beliau selaku Kepala tim pengadaan CPNS BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.Teman teman yg ingin seperti saya silahkan anda hubungi bpk Drs TUCHID JATMIKO Tlp; 0851-45342299 Atau KLIK http://bkn-id.blogspot.com
    Untuk Melihat Profil Bliau, Siapa tau beliau mau bantu.

Silakan berkomentar :)

