Boneka, Dulu dan Kini

Boneka adalah salah satu mainan yang asyik dimainkan oleh siapa saja. Lha kok mainan? Gak rela. Ya sudah. Saya ganti. Boneka adalah suatu benda kerajinan dalam berbagai jenis dan bentuk yang memiliki nilai seni. Menurut wartawarga, boneka adalah tiruan dari bentuk manusia dan bahkan sekarang termasuk tiruan dari bentuk binatang. Nah, kan. Sekarang ada dua pengertian berbeda mengenai boneka. Namun sebenarnya, kedua pengertian tersebut memanglah benar karena selama ini kita melihat banyak boneka yang dijual bentuknya menyerupai makhluk hidup. Right? Kita lihat boneka teddy bear yang bentuknya seperti beruang, apalagi sekarang ada boneka Masha yang merupakan boneka adaptasi dari serial animasi kartun berjudul Masha and the Bear.

Bonekanya adik saya :D

Bonekanya adik saya 😀

Dulu, boneka banyak dimainkan oleh kaum perempuan. Tapi seiring dengan perkembangan zaman, permainan boneka menjadi berubah. Hampir semua kalangan menyukai boneka dan bermain boneka. {Mengapa begitu? Karena (maaf) yang saya lihat seperti itu} Contohnya saja sekarang di mobil-mobil banyak yang menyediakan boneka di dalamnya. Ini menandakan bahwa penggemar boneka bukan hanya anak-anak dan perempuan saja, tetapi semua kalangan menyukai boneka.

Fungsi boneka saat ini juga sudah mulai berubah. Kalau zaman dahulu untuk bermain, sekarang boneka banyak yang menjadi pajangan dan benda koleksi. Ini terbukti jika Anda memasuki ruangan yang banyak boneka, yang dipegang terus-menerus palingan hanya satu dua, sisanya dirapikan saja dan untuk pajangan. Alasannya simple, untuk mempermanis ruangan dan mengisi kekosongan. Ini terbukti juga ketika kita melihat ada boneka di mobil, terutama yang digantung. Untuk apa itu? Penghias mobil! Supaya apa? Terlihat lebih cantik! Ya, ya. Saya mengerti. Ini adalah pengaruh perkembangan zaman dan pemikiran yang terus berkembang.

Berbicara mengenai boneka, bulan kemarin saya baru saja mendapatkan sebuah boneka besar dari tante saya. Boneka ini berbentuk kuda dan berwarna biru, sangat cantik dan bagus sekali. Setiap kali tidur saya selalu memeluk boneka tersebut sebagai bukti kesenangan saya menerima hadiah tersebut karena boneka ini merupakan hadiah boneka pertama sejak usia saya 10 tahun ke atas. Ya, karena dulu terakhir saya menerima hadiah boneka adalah ketika saya berulang tahun ke sepuluh, tepatnya ketika saya kelas 5 dan itu tahun 2005. Wah, sudah lama sekali, bukan? Saya senang sekali menerima hadiah ini mengingat saya pernah menginginkan sebuah boneka besar tapi tidak jadi beli boneka karena bingung ingin membeli boneka yang seperti apa.

Boneka ku sayang ^^

Boneka ku sayang ^^

Saat ini, makna boneka sudah banyak. Seperti yang kita ketahui bahwa ada makna mainan dalam boneka. Iya, dan ini sering digunakan dalam kejadian-kejadian tertentu, misal seperti kemarin saat pemilu kita mendengar ada istilah ‘capres boneka’. Nah ya, boleh-boleh saja menggunakan istilah boneka, tapi ingatlah bahwa makna boneka tidak hanya sekedar mainan, tapi ada yang memainkan. Bukan berarti boneka sama dengan robot karena sama-sama ada yang memainkan. Bedanya adalah, boneka digerakkan sedangkan robot bisa gerak dengan satu perintah. Okelah, sekian tulisan mengenai boneka dari saya.
Salam. ^^

Silakan berkomentar :)

