Jateng Fair 2014, Arena Menambah Pengetahuan yang Menghibur

Hurray! Akhirnya hari ini saya bisa mengunjungi PRPP untuk melihat acara Jateng Fair 2014. Ini adalah kali pertama saya mengunjungi dengan rasa biasa karena tidak biasanya saya melihat sesuatu dengan tidak biasa (mengerti maksud saya?). Tidak ada perasaan khusus saat saya mengunjungi acara ini. Pertama kali yang saya lihat adalah pemandangan yang biasa karena saya mengunjunginya pada siang hari dan menurut saya panas sekali bahkan saat saya berjalan saya harus menyipitkan mata karena tidak kuat dengan sinarnya (ini beneran saya gak kuat ya, bukan lebay, maaf).

Jateng Fair 2014 (26)

Empat tiket, aku dan oom sekeluarga πŸ˜€

Saya berjalan menyusuri pintu masuk yang amat membuat saya cukup terpukau dengan penjaganya. Iya, benar. Saya kurang fokus, sehingga menabrak pembatas jalan untungnya tidak jatuh πŸ˜€ . Jelas saja, beberapa orang langsung melihat saya seraya tersenyum, bahkan ada yang hampir tertawa. Ah, ya. Betapa malunya saya (trus kenapa diceritain jugaa?). -_- Oh tidak penting ya? Pertama kali sejak membaca brosur, yang saya pikirkan adalah pameran biasa karena namanya juga pameran, pasti cuma pamer-pamer aja, iya kan? Ternyata benar. Ya, dan setelah sampai di dalam area pameran, yang saya lihat adalah barang-barang yang sedang dipamerkan! Namun kemudian mata saya terbelalak, membuka, pikiran saya entah ke mana. Saya melihat sebuah benda kecil berukuran A4 yang di dalamnya berisi serangkaian kata-kata yang tidak cukup panjang tapi tidak pendek juga. Dan apakah kalian tahu benda tersebut? Jika Anda menebak benda itu adalah leaflet, selamat! Anda benar! πŸ˜€ Saya langsung bersemangat mengambil leaflet tersebut karena jarang-jarang saya mendapat leaflet yang seperti itu. Yang saya pikir adalah pasti leaflet tersebut keluaran baru, karena tidak mungkin mereka memberikan leaflet lama mengingat ini adalah acara pameran. Kemudian selama pameran, saya sangat antusias mengambil setiap leaflet yang ada. Lumayan lah kalau buat saya, menambah informasi, pengetahuan, dan wawasan. Bukan hanya leaflet saja yang saya ambil sebenarnya, tetapi juga booklet yang disediakan serta buku. Saya juga mengikuti beberapa kuis yang ada. Ya, untuk hiburan saja lah. Supaya eksis, saya juga memberikan tanda tangan di stand yang menyediakan buku tamu namun hanya beberapa.

Jateng Fair 2014

Jateng Fair 2014

Lalu mengapa saya menyebut Jateng Fair ini menambah pengetahuan? Karena di sini, kita bisa belajar dari stand-stand yang ada. Tentu dengan pengamatan dan sedikit ‘kepo’. Banyak pembelajarannya, seperti bagaimana cara berpromosi sampai mendapatkan pengetahuan tentang edukasi dan lain sebagainya. Dan tentunya, Jateng Fair ini juga menghibur karena di sini tidak hanya serius saja isinya, kita bisa santai menikmati pemandangan yang ada.

Pemandangan bianglala :D

Pemandangan bianglala πŸ˜€

Oke, saya mulai dari yang saya masuki, ya. Pertama kali saya memasuki arena, saya melihat banyak stand yang berdiri dengan megahnya mempersilakan pengujung untuk bersuka cita di dalamnya. Perhatian saya tertuju pada stand wisata dan dari stand ini saya mendapatkan tiga brosur bertema pariwisata, yaitu tempat wisata istana Ratu Boko dan Candi Prambanan. Pada stand ini juga ada penampakan wayang dari kayu yang dijual, menarik sekali karena wayangnya berat.

Leaflet Prambanan

Leaflet Prambanan

Beberapa jualannya

Beberapa jualannya

ini wayangnya :)

Di stand selanjutnya menjual barang-barang kerajinan seperti batik dan kerajinan tangan lain yang tentunya menawan dan menggiurkan karena mereka juga memakai konsep obral dan harga pas. Saya melihat banyak sekali pengunjung yang berminat pada batik karena saya yakin, peratuan pemerintah mengenai batik pasti sangat melekat di hati masyarakat sehingga mereka berbondong-bondong membeli batik.

Daun Jati Raksasa dari Blora ^_^

Daun Jati Raksasa dari Blora ^_^

Pada stand daerah, seperti daerah saya, Blora yang merupakan penghasil kayu jati memamerkan beberapa hasil kerajinan kayu jati yang sudah dipermak menjadi berbagai macam model seperti dedaunan (foto ada di atas), kursi dan meja, serta beberapa benda lain dan juga membawa makanan ringan oleh-oleh daerah seperti egg roll waluh. Ya, sangat enak sekali rasanya. πŸ˜€

Jateng Fair 2014 (49)Jateng Fair 2014 (51)

Ini adalah beberapa foto kerajinan yang ditampilkan pada stand-stand daerah. Ada kerajinan dari kayu dan dibentuk unik seperti pada foto di bagian kiri, ada pula kerajinan berbentuk motor, becak, sepeda onthel, benda-benda bertutup seperti panci kecil (tapi lebih mirip tabung), dan masih banyak lagi.

Stand Kabupaten Jepara

Stand Kabupaten Jepara

Stand Kabupaten Jepara bagus menurut saya, karena tatanannya yang ya seperti kalian lihat pada foto di samping ini. Bagus, kan? Seperti yang kita tahu bahwa batik sudah melekat banget buat kita orang Indonesia. Jadi sebagian besar stand kota-kota juga membawa batik andalan mereka masing-masing, seperti Jepara ini. Yang saya suka dari stand ini adalah ada lampionnya (itu yang di depan bercahaya adalah lampion). Bagus, kan? Apalagi ditambah dekorasi joglo sebagai atapnya.

Masha :D

Masha πŸ˜€

Di samping ini merupakan karya seni berupa ukiran Masha, Anda pasti tahu, kan? Sosok anak kecil lucu yang selalu ceria bersama seekor beruang yang setia bersamanya. Ukiran ini bagus menurut saya, meski penggambaran si Masha tidak sama persis seperti aslinya. Tapi cukup bisa menggambarkan Masha dengan baik. Maksud saya tidak sama persis seperti aslinya adalah Masha di sini terlalu chubby wajahnya. Ahahay, iya, kan, bukan begitu? Ini menurut saya saja loh. Tapi sungguh, ini sudah bagus. ^_^

Beruang

Beruang timbul

Ada lagi ukiran timbul lain, yaitu boneka beruang. Ini juga saya temukan di stand yang sama dengan ukiran Masha timbul tadi.Β  Kalau tidak salah di stand Kabupaten Brebes. Ah iya, di stand itu. Bagus sekali, bukan? Ada juga lukisan batik dan masih banyak lagi karya kerajinan yang lain yang juga bagus-bagus.

Selain itu, pada stand Kabupaten Brebes tentunya membawa kebanggan mereka, telur asin dan bawang merah. Untuk daeah Batang dan Pekalongan, mereka banyak membawa batik karena seperti yang kita tahu bahwa Pekalongan memang merupakan kota batik.

Batik

Batik

Pemandangan menarik lain ditunjukkan oleh Kabupaten Wonosobo yang membawa ramuan tradisional (jamu) yang berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Sedangkan dari Kabupaten Sragen, mereka tentu dengan bangganya membawa nama situs Sangiran mereka. Namun, pemandangan lucu ditunjukkan oleh Kabupaten Rembang yang meletakkan tulisan ‘Batik Tulis Lasem’ di sebelah makanan mereka sehingga membuat orang bertanya-tanya.

Beberapa leaflet

Beberapa leaflet

Di stand pemerintahan, di sini merupakan ‘surganya leaflet’. Tentu saja, saya panen leaflet di sini. Dan di atas itu adalah beberapa leaflet, majalah, dan booklet yang saya dapatkan. Kurang banyak? Kapan-kapan saya borong leaflet lagi. πŸ˜€ Saya sangat senang sekali karena juga di sini beberapa stand menyediakan kuis.

Hadiah dari stand Purbalingga, cd Owabong, sayangnya sudah pernah kesitu :3

Hadiah dari stand Purbalingga, cd Owabong, sayangnya sudah pernah kesitu :3

Wahana belajar tentang KATROL

Wahana belajar tentang KATROL

Arena belajar Kursi Paku

Arena belajar Kursi Paku

Arena belajar juga ada di sini. Diantaranya adalah katrol, kursi paku, penimbang berat badan, dan masih banyak lagi. Di sini dijelaskan mengenai cara kerjanya dan penjelasan singkat lain. Gambar di samping ini merupakan contoh arena belajar yang saya ceritakan di atas. Sebenarnya masih banyak arena belajar yang lain.

Jajanan

Jajanan

Anda lapar? Tidak usah khawatir, di stand-stand Kabupaten banyak yang menjual jajanan, seperti yang saya fotokan di samping ini. Jajan yang dijual pun macam-macam, tergantung daerah mereka. Bahkan ada pula yang menjual Jeruk Bali (lupa stand mana) yang enak (karena boleh dicicipi, lumayan pereda lapar). Macam-macam makanan yang dijual adalah makanan ringan seperti marning, jajanan stik, egg roll, kripik-kripik, krupuk. Di salah satu stand di luar stand Kabupaten juga ada yang menjual ice cream, es dawet, dan beragam makanan lain yang enak.

Snow Ghost, hantu salju

Snow Ghost, hantu salju

Selain stand-stand yang seperti di atas, juga ada Snow Ghost, tempat hantu salju. Hantu salju? Iya, tempatnya hitam-hitam gitu deh penutupnya,Β  trus didalamnya juga ditata rapi gitu dan ada ornamen-ornamen bagus gitu. Snow Ghost ini cuma di satu ruangan, kok, jadi tidak bergabung dengan stand-stand lain.

Horror Can be Fun

Horror Can be Fun

Horror can be fun? Iya,Β  asyik dan seru, kita bisa tertawa di situ. ^_^

Di Jateng Fair ini juga ada festival lampion. Banyak sekali lampion yang ditampilkan dengan berbagai jenis. Ada bunga, ikan, dll. Di area lampion Korean Latern Park, ada gambar orang Korea gitu deh, sayangnya foto-fotonya ada di adik saya, jadi tidak saya tampilkan di sini.

Ya, sekian tulisan saya mengenai Jateng Fair 2014. ^_^

2 thoughts on “Jateng Fair 2014, Arena Menambah Pengetahuan yang Menghibur

Silakan berkomentar :)

