Nikmatilah Proses

Proses adalah sesuatu yang kan menggiring kita menjadi apa yang kita inginkan. Yea? Oke. That’s right, because without process, we don’t know the finish. Why? In my mind, process will bring us to a few ways. Right? Ya, kalau menurut saya sih kalau kita melalui proses, maka setidaknya kita sudah memiliki pemikiran mengenai hasil akhir yang akan kita peroleh. Lalu, kenapa proses itu penting? Uum, may be I will tell to you about this with my story, ya tapi tidak hanya cerita saya juga sih.

First of all, proses itu penting karena dia banyak mengajarkan kita tentang suatu hal. Yea? Ya! Why? Mari berpikir, teman. Proses itu butuh waktu, entah lama maupun sebentar. Dan di dalam waktu tersebut, kita pastinya akan mempunyai banyak cerita karena akan banyak jalan yang kita laui. Right? Right! Coba kalian pikirkan mengenai proses yang kalian alami dalam hidup kalian masing-masing. Hidup itu proses, saudara-saudara. Ingatkah kita waktu masih berada dalam kandungan? Oh, maaf, ketika masih dalam kandungan, mungkin tidak ingat, yang kita tahu bahwa kita lahir di dunia ini dengan selamat. Dan selama itu juga ada prosesnya, mulai dari sel telur bertemu sperma dan selanjutnya akan jadi zygot, fetus. Ah, panjang… Lalu bayi, batita, balita, anak sekolah, remaja, dewasa, lansia.

Nah, dalam waktu yang panjang tersebut, pasti kita sudah mendapatkan banyak sekali pelajaran untuk dapat kita terapkan maupun kita amalkan dalam hidup ini. Jadi, ketika Anda masih bayi, Anda mengalami pertumbuhan. Dan dalam pertumbuhan tersebut, Anda berada dalam ‘proses pertumbuhan’. Anda pasti menyadarinya karena dalam proses tersebut Anda akan banak diajari jalan, berbicara, mengenal hal-hal sederhana. Itu adalah sepintas gambaran mengenai proses dapat membuat kita belajar, karena itu adalah ibarat anak kecil yang sedang belajar jalan, pasti dia terjatuh dan akan menemukan cara-cara lain supaya dia bisa jalan dengan benar, entah dia akan mencoba memegangi sesuatu untuk membantunya berdiri, kemudian dia memegangi seseuatu yang tetap dan panjang agar dia bisa jalan seterusnya sampai akhirnya dia bisa jalan. Dan dalam proses belajar jalannya tersebut dia memperoleh banyak pelajaran.

Hal lain yang dapat dikaitkan dengan proses merupakan alat pembelajaran adalah seperti ketika halnya kita ingin sukses, pasti akan ada halangannya dan hal tersebut merupakan proses yang akan membuat kita terus belajar sehingga kita akan mendapatkan pengalaman yang lebih dari proses itu sendiri. Karena sukses merupakan hal yang pasti orang-orang sangat inginkan, pasti akan berlomba-lomba memperoleh kesuksesan mereka masing-masing.

The second is… Proses bisa mendewasakan seseorang. Yeah, let us think about this. Karena perjalanan panjang dalam proses yang dapat kita kenang sehingga bisa makin membuat diri kita makin dewasa. Yah, kita memang sebagai manusia biasa pastilah merasakan banyak hal yang bisa membuat kita dewasa. Dan dalam proses itu banyak pelajaran yang dapat kita ambil untuk dijadikan pemikiran dalam menghadapi masa mendatang.

Drei. Proses membuat kita berpikir lebih banyak. May be di permulaan kita sudah berpikiran panjang mengenai itu, atau mungkin kita hanya berpikir sebagian saja mengenai hal tersebut. Tapi dengan proses, maka kita akan berpikir lebih banyak lagi dan bahkan bisa berikir lebih jauh karena banyak hal yang kita dapatkan akan mengubah pemikiran kita atau bahkan pola pikir kita. Bayangkan saja, sejuta alasan bisa hadir untuk memperkuat tekat kita dan membuat kita tambah bersemangat untuk memperoleh apa yang kita inginkan karena kita semakin mengetahui dengan jelas target kita. Ya.. begitulah.

Vier. Proses bisa membentuk karakter seseorang. Prozess machen eine Person stark sein. Yea, guys. Karakter yang saya maksud di sini adalah kuat. Karena if we think, because there is a will that make that person become strong, dan itu adalah niat. Karena niat dan dengan didorong oleh usaha dan doa, maka dia akan menjadi kuat.

Fünf. Proses akan membuat kita menjadi lebih sabar. Why? Weil, kita juga menunggu dalam proses tersebut karena kita tidak bisa terburu-buru untuk mendapatkan hasil yang terbaik sehingga mau tidak mau dalam penantian kita dalam proses tersebut juga akan melatih kesabaran kita dan akan terbentuk pribadi yang sabar pada diri kita.

die Personen, let us think about process because it can make us become better people. Kita harus berpikiran baik tentang diri kita dalam proses, teman. Karena dalam hidup ini kita juga melewati banyak proses serta proses tersebut juga akan berlanjut lagi. 🙂

Advertisements

2 thoughts on “Nikmatilah Proses

  1. Kehidupan manusia di dunia adalah proses yang fluktuatif, tetapi sarat akan arti tujuan hidup manusia kelak. 🙂

Silakan berkomentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s