Makanan Ringan

Apakah Anda suka ngemil? Kalau iya, makanan apa yang biasa anda cemil? Krupuk? Kripik? Biskuit? Roti? Ah, sayangnya banyak jenis camilan atau yang biasa disebut makanan ringan. Dan dari berbagai macam makanan tersebut, pasti pernah Anda memakan salah satunya atau bahkan semuanya. Iya, karena terkadang kita lapar dan makanan ringan adalah makanan yang sederhana untuk dapat dibawa kemana-mana sehingga Anda tidak perlu repot untuk membawanya. Tak jarang Anda membawanya pergi ke tempat dekat atau kerabat untuk dijadikan buah tangan atau untuk sekedar diberikan sebagai pelengkap dan biasanya, jika kita berkunjung ke rumah saudara atau orang lain kita juga akan menemukan makanan ringan sebagai pelengkap untuk menyajikan sehingga tidak terkesan pelit.

Disebut sebagai makanan ringan tentu memiliki alasan, karena bentuk dan ukurannya yang kecil sehingga dapat dimuat banyak dalam sebuah tempat kecil seperti toples berukuran mini. Namun sekarang karena perkembangan zaman, berbagai macam kreasi makanan ringan tentu diperhatikan. Mulai dari penampilan luar hingga penampilan dalam dan pastinya, berlomba-lomba untuk menghasilkan rasa yang enak.

Banyak makanan yang dikategorikan sebagai makanan ringan, seperti biskuit yang memiliki rasa khas dan tekstur yang padat. Begitu pula dengan kripik dan krupuk yang memiliki tekstur yang hampir senada, hanya saja kripik lebih tipis daripada krupuk dan kripik lebih ‘kriuk’ daripada krupuk. Adapun roti yang juga terkadang disebut sebagai makanan ringan karena teksturnya yang lebih halus, yakni mengembang.

Melihat dari berbagai macam makanan ringan, tentunya sekarang makin banyak kreasi dan inovasi menarik yang dapat membangkitkan selera. Dapat kita lihat ketika membuka media sosial di internet, banyak yang menawarkan makanan ringan dengan tampilan yang menarik tanpa kita tahu rasa dan apa isi di dalamnya.

Kebanyakan makanan ringan terbuat dari tepung terigu. Ini bisa kita tahu ketika kita melihat komposisi yang tertera pada label kemasan. Tepung terigu merupakan tepung serba bisa yang mudah digunakan. Namun, tepung terigu juga mempunyai kelekatan yang berbeda yang dapat kita lihat dari penggolongan jenisnya seperti tepung terigu protein tinggi, sedang, dan rendah. Zat gizinya pun termasuk cukup tinggi mengingat dalam 100 gram tepung terigu terdapat 365 kkal energi, 8,9 gram protein, 1,3 gram lemak, dan 77,3 gram karbohidrat.

Bayangkan saja jika Anda mengonsumsi makanan ringan dengan komposisi tepung yang digunakan hanya setengahnya saja, tentu zat gizi yang Anda asup juga berbeda, terlebih masih ada bahan makanan lainnya sebagai penyerta tepung terigu karena tepung terigu tidak akan dimasak sendiri.

Bahan lain yang biasa digunakan adalah lemak, biasanya kita menggunakan margarin, mentega, minyak, maupun butter. Kita juga mengetahui bahwa bahan-bahan tersebut mengandung kadar lemak yang cukup tinggi sehingga lebih baik dihindari. Namun sepertinya, melihat barang dalam bentuk jadi yang membangkitkan selera bisa menjadikan seseorang tergoda untuk memakannya, apalagi dalam bentuk yang lucu dan unik. Tetapi jika kita melihat kandungan zat gizinya, saya yakin Anda akan berpikir ulang untuk memakannya. Mari kita lihat, kandungan gizi dalam 100 gram minyak kelapa adalah 870 kkal energi, 1 gram protein, 98 gram lemak, dan 0 gram karbohidrat. Meski mentega dan margarin memiliki kadar energi yang lebih sedikit dari minyak kelapa, namun bukan berarti dalam margarin maupun mentega tidak memiliki kandungan karbohidrat. Dalam margarine maupun mentega ada kandungan karbohidratnya meskipun sedikit.

Tak lupa, gula juga merupakan salah satu pembentuk makanan ringan. Gula ditambahkan sebagai pemanis dan menambah kelezatan rasa makanan maupun untuk mengawetkan makanan. Gula merupakan karbohidrat sederhana dengan kandungan zat gizi dalam 100 gramnya adalah 364 kkal energi dan 94 gram karbohidrat (0 gram protein dan lemak). Departemen Kesehatan RI menganjurkan bahwa gula yang ditambahkan dalam sehari sebaiknya tidak melebihi 25 gram atau setara dengan 3-4 sendok makan.

Makanan ringan memang makanan yang dirancang untuk mengganjal perut, namun bukan berarti kita memakannya secara berlebihan. Sebenarnya, satu atau dua buah saja sudah cukup untuk memenuhi energi kita.

Advertisements

4 thoughts on “Makanan Ringan

  1. Kripik memang oke buat nemenin begadang. Tapi kadang, lebih suka ngemil buah. Simple aja alasannya, seger 😀

Silakan berkomentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s