HUT 64 : JATENG Bersih, Kreatif, dan Hebat

Selamat ulang tahun yang ke 64, Jateng! Semoga makin asyik. Ya, itu harapan saya. Kenapa? Karena menurut saya, dari Jateng lah kebudayaan kental ada. Dari mana saya mendapat pikiran seperti itu? Jadi begini. Saya rasa ini dari Kerajaan Demak yang merupakan kerajaan Islam pertama di Jawa, dan Demak ada di Jawa Tengah. Saya rasa juga dari masjid Demak yang terkenal dan kisah wali songo. Begitu.

Di hari ultah Jateng ini, saya pikir banyak acara akan menyambutnya. Tapi saya rasa, acara yang diadakan juga (mungkin) sekaligus menyambut HUT RI karena identik dengan ‘agustusan’. Oke. Tadi saat saya perjalanan dari Semarang ke Blora, jalanan di Kecamatan Kunduran dan Kecamatan Ngawen sangatlah padat. Ini karena ada acara gerak jalan, jalanan macet berpuluh-puluh kilometer.

Jateng bersih, kreatif, dan hebat merupakan tema HUT Jateng tahun ini. Artinya, masyarakat Jawa Tengah harus bisa menjadi masyarakat dengan menjunjung tinggi nilai kebersihan dan kreativitas agar menjadi masyarakat yang hebat. Harapannya adalah supaya Jateng bisa menggema di bumi nusantara dan membuktikan bahwa banyak bibit baru yang potensial untuk dikembangkan dari Jawa Tengah ini.

Diharapkan Jateng bisa bersih. Iya, bersih dari segala hal buruk, bersih dari sampah. Dan tujuan dari bersih adalah untuk mencari keindahan. Karena dengan bersih, maka pemandangan akan terasa damai dan bisa mengenakkan mata sekaligus cuci mata dan menyejukkan hati. Selain itu, bersih akan membuat kita nyaman.

Kreatif adalah kata kedua untuk tema HUT Jateng kali ini.Memang kita lihat sekarang kreativitas harus dijunjung tinggi agar kita bisa bersaing, di mana pun kita berada. Termasuk masyarakat Jawa Tengah. Diharapkan dengan munculya kreativitas baru, terlebih jika tingkat tinggi maka akan dapat memajukan Jawa Tengah secara tidak langsung karena dengan kreativitas, maka kita bisa membangun tatanan berbeda yang unik, tentunya yang tidak menyimpang.

Jateng hebat. Iya, harus hebat. Dan memang hebat. Meskipun hebat bisa berarti banyak, namun saya yakin bahwa kita bisa menyamakan persepsi tentang kata hebat dari tema HUT Jateng ini. Hebat bukan berarti menampakkan diri,tapi bisa menyokong yang lain, lebih kurangnya seperti itu.

Mari kita lestarikan budaya demi terwujudnya Jateng yang bersih, kreatif, dan hebat! 🙂

Silakan berkomentar :)

