Hari Pramuka ke-53, Mantapkan Pembentukan Karakter kaum Muda Melalui Gugus Depan Terakreditasi

Yeyyo. Happy scout day, people! Di hari yang ceria ini, mari kita sambut hari ulang tahun pramuka yang ke 53 dengan khidmat. Ya! Khidmat. Karena tema hari pramuka tahun ini adalah “Mantapkan Pembentukan Karakter kaum Muda Melalui Gugus Depan Terakreditasiโ€. Yuhu, keren sekali temanya, saya senang karena tahun ini pramuka mengusung tema yang sedemikian rupa membuat saya kagum karena ada kata ‘pembentukan karakter’.

Nah, di sini, dengan tema “Mantapkan Pembentukan Karakter kaum Muda Melalui Gugus Depan Terakreditasi“, Pramuka ingin mengajak kaum muda kita untuk kembali ke ‘Standar Nasional’, karena akreditasi yang telah dilakukan oleh Pramuka tentunya sudah bisa menjangkah ke kancah Nasional, jadi standar dan mutunya terjamin sehingga bisa memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggaraan pendidikan kepramukaan yang tidak memenuhi standar. Yay! Tentunya dengan ini, kita bisa senang dong, karena Pramuka akan semakin asyik! ๐Ÿ˜€

Tema tahun ini tentu mengena sekali (bukan berarti tema yang sudah lalu tidak mengena, ya, hanya saja tema kali ini memang seru), melihat perkembangan zaman yang ‘wow’ karena generasi muda zaman sekarang senang dengan kata ‘modern’. Iya, modern. Kenapa? Mungkin mereka pikir, kalau modern itu keren, modern itu beken, modern itu gaul, modern itu ya yang ‘wah-wah’ deh pokoknya. Duuh, padahal saya merasanya tidak seperti itu, loh. Jika modern yang mereka maksud masih membawa unsur kebudayaan, keagamaan, dan nilai-nilai Pancasila sih bagus. Tetapi jika modern yang dimaksud adalah dengan berpijak pada budaya asing (atau bahkan yang sama sekali aneh bagi kita untuk melihatnya), aduuh, saya sedih.

Hari ini seharusnya menjadi hari yang menyenangkan, karena kita bisa melihat orang berlalu lalang dengan seragam coklat khas pramuka dengan corak baju coklat kemerahan untuk atasan dan coklat tua pada bawahan. Ya, saya kangen sekali dengan baju tersebut. Terlebih semenjak saya masuk kuliah, saya belum menyentuh baju pramuka saya yang entah ke mana. Sempat terpikirkan oleh saya ingin mengikuti pramuka kembali, tetapi karena kesibukan kampus (yang ini beneran) dan dengan alasan ‘ukm saja jarang kumpul’ dan dengan segala pertimbangan, dengan berat hati saya tidak mengikutinya. ๐Ÿ˜ฆ

Pagi ini saya senang sekali ketika berada di kampus, karena saya menemukan ada dua orang dosen saya berjalan megah menyusuri kampus. Tunggu dulu. Megah? Iya, megah. Karena pakai baju pramuka. ๐Ÿ˜€ Saya senyum-senyum sendiri melihatnya. Meskipun saya belum merasakan kemeriahan hari pramuka pada kali ini, tapi saya tetap berharap bahwa suatu saat nanti saya bisa merasakannya, iya, harus!

Oke, sekian.
Selamat Hari Pramuka.
Satyaku kudharmakan, dharmaku kubhaktikan.
Ikhlas bhakti bina bangsa berbudi bawa laksana.
Jayalah Pramuka Indonesia! ๐Ÿ˜€

2 thoughts on “Hari Pramuka ke-53, Mantapkan Pembentukan Karakter kaum Muda Melalui Gugus Depan Terakreditasi

Silakan berkomentar :)

