Mengenang Masa Kecil untuk Masa Mendatang

Masa kanak-kanak itu sangat membahagiakan ya? Iya. Sangat. Bahkan tak sedikit orang yang ingin kembali pada masa tersebut. Masa kanak-kanak adalah masa ketika kita baru pertama kali merasakan dunia, itu menurut saya. Karena pada masa kanak-kanak kita merasakan semua keindahan. Semua yang kita rasakan, itu pertama dan itu indah. Sangat menarik sekali. Seakan semua bisa membuat kita terbang melayang. Perhatian-perhatian yang diberikan pada masa itu sangat membuat kita merasa bersinar. Bahkan membuat kita merasa ‘wow’.

Pagi tadi saya mendengar tangisan seorang anak di depan rumah. Tadinya, saya merasa biasa. Namun ternyata, anak tersebut belum berhenti menangis juga ketika sang ibu membelainya dan memintanya diam. Ini membuat saya bertanya-tanya, ‘ada apakah gerangan?’. Setelah beberapa saat, tak terdengar lagi suara anak tersebut. Sang ibu telah menbawa anaknya pergi ke suatu tempat sehingga anak berhenti menangis.

Teman, mungkin beberapa dari kita sering melihat kejadian ini. Anak menangis dan ibunya menenangkan sang anak. Ya, penyebab anak menangis memang bermacam-macam. Terkadang kita sendiri belum bisa mengartikan karena perbedaan maksud. Anak kecil yang masih polos tentu mengatakan yang sebenarnya. Tapi kita yang sudah dewasa, terkadang belum bisa menerima apa yang ia katakan. Tapi coba pikirkan kembali, Anak kecil berbicara sesuai keadaan.

Bayang-bayang masa kanak-kanak yang begitu indah akan selalu terkenang dan tersimpan erat dan melekat dalam kalbu. Hal tersebut tersebut terkadang bisa membentuk karakter kita, mungkin karena trauma. Tapi tak jarang pula orang yang kemudian berubah karena keinginan sendiri dan perjuangannya yang gigih. Tentunya disertai alasan dan niat yang kuat.

Kalau saya bilang, segala yang kila lakukan sejak kecil itu akan selalu lekat, tetapi apa yang terjadi pada masa sekarang itu hanya mempengaruhi kita. Bukan kah begitu? Kalau saya pikir sih, karena pada masa kecil, ingatan kita sangat kuat, bahkan mungkin sampai sekarang belum bisa kita melupakannya sehingga apa yang terjadi pada masa kini hanya membuat kita terpengaruh saja dan lebih sadar sehingga kita tergerak untuk melakukan perubahan. Namun, tentunya kita masih bisa menanamkan apa yang terjadi pada masa kini dengan keyakinan dan tekat yang kuat.

Kata orang, kebiasaan dari kecil susah diubah. Ah, apa iya? Jadi begini. Kebiasaan bisa diubah asal kita mau (sangat niat) untuk mengubahnya. Tentunya kita harus rajin dan ulet untuk mengubah kebiasaan tersebut. Kalau kata guru saya sih, “Kebiasaan terbentuk karena dipaksa“. Tapi kalau dipikir-pikir memang benar, loh. Kalau tidak dipaksa, mungkin saja kita tidak melakukan hal tersebut. Yeah? Yeah!

Masa kecil memang indah, teman. Masa ketika kita bisa main sepuasnya bersama teman. Lihatlah kita yang sudah dewasa. Apakah kita masih bisa bermain sepuasnya seperti anak kecil? Oh, belum tentu. Tengoklah sejuta aktivitas atau tugas-tugas yang menantimu. Hey, kau akan berkelana dengan mereka! Dan mereka lah yang akan membawamu untuk bermain. Entah bermain untuk menyusuri jalan, lorong waktu, atau bergelut dengan kata yang nantinya juga akan membawamu ke mana kau akan berada. Atau bahkan tugas atau aktivitasmu itu akan memberimu sebuah kejutan. Entah kejutan yang membuatmu tersontak, kegirangan, atau membuatmu menjadi lebih bersemangat. Tapi semua itu adalah permainan, permaiananmu dengan si tugas atau aktivitas.

Pada masa kecil, kita sering percaya pada hal-hal yang kita tahu. Tapi sekarang, kita lebih banyak berpikir kepada hal-hal yang kita tahu. Tentu, karena kita sudah mempelajari banyak hal sehingga kita bisa menyaring apa saja yang bisa kita terima untuk selanjutnya bisa diterapkan dalam kehidupan.

Advertisements

16 thoughts on “Mengenang Masa Kecil untuk Masa Mendatang

  1. Masa kecil emang paling seru ya, saat kita main dan terus main tanpa mikirin yang berat-berat. Pokoknya seneng-seneng.
    Postingan keren nih, bikin inget masa kecil. πŸ˜€

  2. saya termasuk anak yang MKKBS alias masa kecil kurang bahagia sekali. sedikit kenangan masa kecil yg membahagiakan dan sampai saat ini masih selalu ingat. πŸ™‚

Silakan berkomentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s