2 Liter Sehari untuk Tubuh Kita

Anda haus? Solusinya cuma satu, minum! Minum yang baik adalah minum air putih. Minum air putih bukan hanya untuk menghilangkan rasa haus, loh. Tapi juga untuk melengkapi fungsi-fungsi lain di dalam tubuh. Fungsi air dalam tubuh ada banyak sekali, diantaranya untuk mengatur suhu tubuh. Tuh kan, kalau kita minum air, jadinya suhu tubuh kita jadi stabil.

Air merupakan sumber kehidupan untuk kita. Tanpa air, belum tentu kita bisa bertahan. Banyak sekali fungsi air untuk kehidupan, diantaranya adalah mencuci, memasak, mandi, dan minum. Air untuk kehidupan, tentunya sangat berperan penting karena tanpa air, pekerjaan akan susah. Kita sudah bergantung dengan air karena apapun yang kita lakukan pasti butuh air.

Minum adalah jalan terbaik untuk mengusir haus. Jangan biarkan tubuh kehausan! Karena sebenarnya, saat tubuh kita merasakan haus, itu adalah dehidrasi ringan. Lalu, kapan kita harus minum? Ya, sebelum haus. Namun ini terkecuali jika Anda sedang berpuasa, maka minum dapat dilaksanakan saat berbuka dan sahur saja.

Kita telah dijelaskan mengenai minum yang baik untuk tubuh kita adalah 8 gelas per hari atau sekitar 2 liter. Kenapa 8 gelas? Kenapa 2 liter?

Hm.. Jadi, menurut saya, 8 gelas itu adalah perumpamaannya 2 liter karena seperti yang kita ketahui, sebuah gelas rata-rata berisi 200 – 250 ml. Ya, kita ambil saja yang 240 ml karena kita juga tahu bahwa rata-rata gelas orang Indonesia adalah gelas belimbing yang isinya lebih kurang 240 ml seperti aqua kemasan gelas yang juga berisi 240 ml. Dari situ bisa kita ketahui bahwa 240 ml dikali 8 merupakan angka yang mempunyai angka depan 2 dalam jumlah ribuan, yang berarti sama dengan minum sebanyak 2 liter.

Lalu, sebenarnya, kapan sih waktu yang tepat untuk minum air? Saya rasa disetiap waktu adalah tepat untuk minum air, contoh ketika Anda ketakutan lalu Anda minum air, maka Anda akan merasa lebih tenang. Begitu pula ketika Anda sedang gugup kemudian Anda minum air, pasti akan hilang kegugupan Anda. Ya karena, air itu melancarkan. 🙂

Air juga merupakan hal penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Maka, kita harus memberi asupan air pada tubuh.

  1. Setelah bangun tidur dan sebelum merupakan waktu yang baik untuk minum.
    Fungsi minum air setelah bangun tidur adalah untuk mengaktifkan organ tubuh. Ya, seperti yang kita ketahui bahwa saat tidur ada beberapa organ yang ikut istirahat, maka setelah bangun tidur kita minum untuk mengajak mereka beraktivitas kembali.
    Sebelum tidur perlu minum kenapa? Untuk membantu membantu metabolisme.
  2. Setelah dan sebelum makan
    Ya, kalau yang ini semuanya juga sudah tahu ya, karena kalau setelah makan biar tidak seret di tenggorokan maka kita harus minum.
    Sebelum makan, minum terlebih dahulu? Iya saja, untuk memperlancar metabolisme.
  3. Sebelum mandi
    Mengapa begitu? Oh, karena mandi juga pakai air tentunya. Nah, biar tidak kaget atau sama, maka kita minum terlebih dahulu sebelum mandi supaya aliran darah lancar.
  4. Seusai berolahraga atau beraktivitas
    Ini nih, yang semua orang pasti tahu, seusai berolahraga, tubuh kita banyak mengeluarkan keringat. Jadi untuk menggantinya, kita perlu minum. Tapi hati-hati, ya. Ada beberapa yang minumnya dijaga jadi tidak langsung minum tetapi harus menunggu terlebih dahulu beberapa saat baru kemudian minum.
    Saat Anda lelah beraktivitas, maka Anda dengan sendirinya akan merasa haus. Oh ya? Hm.. Iya! Ya karena itu sudah manusiawi. Kita kan memang perlu minum!

Minum banyak tidak apa-apa bagi orang yang tidak mengalami gangguan ginjal. Namun risikonya ya sering ke kamar mandi. Tapi itu tidak apa-apa. Bagi orang yang normal, minum banyak tidak akan menjadi masalah. Bagi yang punya penyakit tertentu, minum harus dibatasi.

Jika kita kurang mengonsumsi air putih, maka tubuh akan dehidrasi. Kulit juga bisa menjadi kusam jika kita kurang minum, karena aliran darah juga bisa kurang sempurna kalau kita kurang minum.

Begitulah tulisan saya mengenai minum 2 liter per hari. Yuk, sayangi tubuh kita dengan minum 2 liter perhari! 😉

Advertisements

Silakan berkomentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s