Merencanakan Sukses

Harus punya rencana untuk bisa dilaksanakan! Harus punya rencana untuk sukses! Ya! Sukses itu harus bisa rencanakan. Mungkin saja kalian sudah pernah mendengar kata tersebut, atau mungkin juga kalian sudah pernah mengalaminya atau sedang mengalaminya. Saya yakin kalian sedang mengalaminya. Kalian sedang membangun kesuksesan kalian mulai saat ini. Karena segala hal dimulai saat ini, bukan nanti atau besok. Kalau kita mau berubah juga pasti perubahan itu dimulai dari saat ini. Tidak mungkin kita memulainya besok karena bisa jadi mungkin karena kesibukan yang padat, lupa. Ya walaupun lupa adalah hal yang wajar bagi manusia. Tapi hal tersebut tidak bisa dibiarkan karena kita harus ingat. Dengan ingat, maka kita akan menjadi sadar dan melakukan sesuatu yang berkaitan dengan ingatan itu. Maka, kita tidak boleh lupa dengan rencana kita untuk sukses. Selain itu, kita harus membuat kesuksesan kita lebih berarti daripada yang kita pikirkan. Kita harus menjadikannya manis dan selalu indah untuk dikenang. Sukses yang kita peroleh haruslah lebih baik dan lebih great, sehingga kita senang nantinya.

Arti sukses macam-macam di mata orang. Ada orang yang mengatakan bahwa sukses berarti kita mampu melewati segala halangan dan rintangan yang ada untuk menuju pada impian kita. Ya, itu memang benar, karena selalu saja ada halangan di depan kita sebagai bahan ujian kita, mampu atau kurang mampunya kita untuk melewati rintangan itu agar keinginan kita tercapai. Ujian tersebut sangat menentukan kesuksesan kita nantinya. Dengan niat tulus kita, doa, kegigihan, ketekunan, keuletan, dan usaha kita maka kita bisa melewati rintangan itu sehingga akhirnya kita bisa dibilang sukses. Bahkan menurut Andrie Wongso, ‘Kesuksesan Besar’ adalah akumulasi dari kesuksesan-kesuksesan kecil, sementara ‘Kesuksesan Kecil’ adalah akumulasi dari kegagalan-kegagalan yang mampu diatasi. Naah, dari situ kita tahu bahwa ada kegagalan yang harus diatasi. Dari ujian yang kita dapatkan untuk menuju kesuksesan itu akan kita ketahui bahwa hanya dua peluang saja dan tentunya kita harus berhasil memecahkan ujian kita sehingga kita bisa sukses. Maka, kita haruslah siap dengan segala apapun tantangan kita. Jangan sampai lengah dalam menghadapi ujian tersebut.

Salah satu upaya untuk menuju kesuksesan adalah dengan tidak berhenti pada proses. Mengapa begitu? Karena kita belum tahu apakah dalam akhir proses tersebut kita mendapatkan yang kita mau atau tidak, sehingga kita harus berani mengambil segala apapun risiko yang ada. Menurut Andrie Wongso lagi, yang perlu kita pelajari dari orang-orang sukses bukan pada kesuksesan besar yang telah mereka raih, tapi belajar pada prosesnya bagaimana mereka berjuang habis-habisan sampai sukses. Berarti benar bahwa kita harus bersungguh-sungguh dalam proses, jangan sampai kita tidak besemangat dalam proses! Proses sangatlah berharga, maka nikmatilah proses. Karena di dalam proses mungkin kita bisa belajar banyak hal baru yang belum kita ketahui sebelumnya atau yang sudah kita ketahui tapi kita belum melaksanakannya. Kita akan belajar banyak dari hal-hal seperti itu. Hargailah proses, jangan sampai proses membuat kita berpikir negatif tentang apa yang sudah kita rencanakan sebelumnya. Proses adalah sesuatu hal yang asyik dan sangatlah berpengaruh, karena di dalam proses pastinya kita melakukan banyak hal dan kita harus menikmati hal tersebut.

Kita membuat daftar hal yang harus kita lakukan untuk menunjang kesuksesan tersebut. Seperti kita membuat tabel daftar keinginan. Itu bisa menjadi sebuah acuan agar kita bisa lebih baik dari apa yang kita rencanakan. Dengan membuat tabel daftar keinginan, maka itu akan dapat membantu kita agar niat kita bisa terlaksana lebih baik, syukur kalau lebih baik dan hasilnya lebih memuaskan. Tabel daftar keinginan bisa kita isi dengan tanggal, keinginan kita, dan cara menggapainya. Mengapa harus memakai tanggal? Karena keinginan kita harus jelas kapan akan terlaksana. Keinginan kita juga harus jelas dan cara menggapai adalah alat bantu untuk kita melaksanakan hal-hal yang akan kita lakukan dalam hal merencanakan kesuksesan itu sendiri. Contohnya dapat kita lihat pada tabel di bawah ini :

Daftar Keinginan

Daftar Keinginan

Mungkin pembaca memiliki cara lain untuk merencanakan kesuksesan, tetapi yang perlu kita tekankan untuk sukses ini adalah dengan tidak meninggalkan proses, karena ia yang akan menentukan. Jadi, ayo teman, kita sukses! ^_^

Advertisements

4 thoughts on “Merencanakan Sukses

Silakan berkomentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s