Blora Tercinta, Selamat Ulang Tahun!

Selamat ulang tahun kota Blora tercinta!

264 tahun kota sate

264 tahun kota sate

Wah, kali ini kota Blora berulang tahun di tanggal yang cantik, yakni 11-12-’13. Tak terasa kota Blora sudah berusia 264 tahun. Waah, sudah tua, ya! 😀 Yea, yea! Memang tua kalau untuk usia manusia, tapi kalau untuk usia sebuah kota, saya rasa tidak karena banyak kota-kota yang lebih tua usianya jika dibandingkan dengan Blora. Blora adalah sebuah kota kecil di Jawa Tengah yang berbatasan dengan Jawa Timur dan kaya akan jati serta makanan khasnya adalah sate.

Blora memiliki potensi sumber daya alam yang beragam, beberapa yakni ada kilang minyak di Cepu dan jatinya yang berkualitas. Blora juga dikenal dengan tanah kapur dan kemaraunya, maka dari itu jika Blora terkena banjir, ramai sudah perbincangannya. Saya suka sekali dengan kota Blora karena saya lahir di Blora sampai sekolah juga di Blora. Memang di Blora banyak sekali hutan jati yang dapat kita temui. Bahkan di Blora ada pohon jati yang sangat-sangat tua dan ada pohon jati yang sangat besar. Sungguh indah hutan jati di Blora. Tanah kapur yang dianugerahkan pada Blora juga ada membawa berkah. Kemarau di Blora memang cukup membawa dampak yang sedikit membuat masyarakat bekerja keras, bahkan bekerja keras sekali karena mereka harus bisa menemukan sumber air untuk dapat membawa air ke rumah mereka jika bantuan air dari pemerintah belum datang.

Di Blora, ada tiga waduk terkenal, yakni Waduk Greneng, Waduk Tempuran, dan Waduk Bentolo. Dari ketiga waduk tersebu, waduk yang paling ramai dikunjungi adalah Waduk Tempuran karena keterkenalan akan cafenya. Cafe Waduk Tempuran sangatlah laris, baik dihari biasa maupun pada musim liburan. Waduk Greneng juga tak kalah menarik. Waduk yang sangat luas ini menyimpan sejuta keindahan. Berbeda lagi dengan Waduk Bentolo. Walaupun Waduk Bentolo cantik, namun cerita-cerita yang mengalir dibaliknya juga tak kalah menarik sehingga waduk ini memiliki kekhasan tersendiri. Mulai dari aroma mistisnya sampai cerita mistisnya.

Bagi warga kota Blora pasti tidak asing lagi dengan Tugu Pancasila. Ya, tempatnya memang dibentuk bundaran, persis dengan monumen-monumen lain yang terletak di jalan atau di persimpangan jalan. Naah, di sebelah utara Tugu Pancasila dulunya ada Taman Pancasila. Tapi sekarang taman itu sudah berganti menjadi Taman Mustika karena dulu ketika taman tersebut masih menjadi Taman Pancasila, taman itu tidak seramai sekarang, sangat sepi. Kini, Taman Mustika menjadi favorit bagi warga Blora kota dan ramai dikunjungi setiap saat. Tak jauh dari Taman Mustika, yaitu di sebelah timurnya terdapat stasiun dan terminal lama, disebut seperti itu karena sudah lama kedua tempat itu tidak beroperasi sebagaimana namanya. Rel kereta di sekitar stasiun juga sudah terkubur. Biasanya, stasiun dan terminal lama hanyalah menjadi tempat singgah sementara bagi bus (halte), meskipun tak jarang pula jika pagi bus masih berada di sekitar terminal atau stasiun lama karena ditinggal tidur oleh sang supir dan kernet bus di sekitar tempat tersebut. Namun sekarang kedua tempat tersebut juga telah mengalami renovasi. Renovasi yang dilakukan demi mempercantik kedua tempat itu agar bermanfaat bagi warga kota Blora serta masyarakat yang singgah di Blora.

Dulu, aku melihat bahwa Blora sangatlah indah dan membuatku merasa nyaman untuk tinggal di sana.  Sekarang, aku melihat lebih dalam lagi ternyata masih banyak yang perlu diperbaiki dari kota Blora. Walaupun Blora hanyalah kota kecil, namun Blora menyimpan banyak kenanganku. Blora tak hanya mengajariku bagaimana melihat lingkungan, tetapi juga tata kota Blora membukakan mataku bahwa Blora masih bisa ditata dan dipercantik lagi agar lebih indah. Jalan-jalan yang berlubang, perbaikan jalan, meski kini dilakukan dibeberapa tempat, aku harap dapat menjadi sesuatu yang diperhatikan kembali agar pemerintah kota Blora memikirkan apa yang terbaik untuk warga Blora. Saya sangat berharap sekali pemerintah Blora merenovasi beberapa bagian badan kota Blora karena jika dilihat lebih jauh, potensi Blora itu bagus. Di ulang tahun Blora ini, saya berharap Blora bisa lebih maju lagi, lebih sukses, lebih makmur, lebih jaya, dan lebih baik dari yang sebelumnya, aamiin.
^_^

Advertisements

Silakan berkomentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s