Catatan Seseorang yang Baru Belajar Menulis Essay

Last time, saya mengikuti sebuah kompetisi menulis essay gitu.. Tapi ya karena belum berpengalaman mengikuti kompetisi yang semacam itu, saya belum bisa menang. Sebagai pendatang baru dalam dunia tulis menulis essay, tentunya saya masih perlu banyak belajar dari tulisan-tulisan lain yang sudah ada. Seharusnya banyak review dan melihat bagaimana posisi baiknya dalam menulis tulisan tersebut. Oke, menulis essay itu memang berbeda dengan menulis tulisan lain seperti cerita maupun ilmu pengetahuan lain. Jadi, kita perlu berpikir ulang dalam menulis essay.

Dalam menulis essay, kita harus memperhatikan tata tulisan yang kita pakai, kalau menulis essay berbahasa Indonesia, maka kita harus menulisnya sesuai dengan aturan dan kaidah EYD. Hal ini penting karena dengan format penulisan yang seperti itu, kita bisa membuat para pembaca mengerti lebih mudah karena mereka bisa menelaah apa yang kita tuliskan pada essay yang kita buat.

Gunakanlah kalimat yang mudah dimengerti (merakyat). Ini tujuannya supaya sang pembaca essay mengerti bahwa kita bisa membuat essay yang mudah bagi para pembaca awam sehingga tulisan essay kita ini bisa dimengerti oleh banyak orang. Seandainya tidak begitu atau dengan kata lain kita menggunakan kalimat ilmiah, tentu saja hal itu sangat bermanfaat dan sangat membantu, karena dalam essay banyak digunakan jenis kata, namun kata-kata tersebut menyambung satu sama lain dan masih terkait dengan topik yang kita bahas. Dalam sebuah paragraf, hendaknya kita bisa membahas satu poin penting yang hal tersebut adalah benar-benar menyambung satu sama lain dan juga masih menyambung dengan paragraf lain.

Alur yang jelas (tidak melompat-lompat) juga sangat diperlukan dalam penulisan essay karena kalau kita menuliskan essay dengan alur yang tidak jelas, maka orang yang membacanya pun juga akan kebingungan dan kurang mengerti akan apa yang kita bahas. Ini penting karena alur essay yang kita buat menentukan jalan cerita dari essay kita.

Usahakan memberikan data yang aktual. Hal ini penting karena data aktual akan mendukung gagasan yang kita buat, jadi essay kita tidak semerta-merta hanya opini ataupun cerita yang tidak layak sehingga orang lebih tertarik kepada essay yang kita buat.

Oke, saya rasa cukup sekian karena saya juga baru dalam bidang menulis essay ini. 😀 Semoga bisa membantu. ^_^

Advertisements

Silakan berkomentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s