Idul Adha

Sudah lama sekali rasanya tidak memposting di blog ini, jadi kangen. 🙂 Selama bulan ini berlangsung, sudah banyak sekali kejadian yang terjadi, pastinya kalian juga dong teman-teman pembaca..  Oke. Salah satu moment berharga yang baru saja kita lewati bagi para pembaca yang beragama Islam, yakni Hari Raya Idul Adha! Yap! Atau Idul Qurban. Mengapa Idul Qurban? Karena pada hari itu lah kita sebagai orang Islam tentunya tahu dong, kisah Nabi Ibrahim a.s. Naah, maka dari itu, sampai sekarang kita memperingatinya mengingat bagaimana perjuangan beliau saat itu.

Setiap orang pasti mempunyai kisahnya masing-masing, saya yakin akan hal tersebut dan semua orang tentunya juga yakin. Kemarin, saat Idul Adha, seperti biasa, di kota saya, ada dua tempat yang selalu ramai karena menyelenggarakan sholat Idul Ahda bersama secara besar-besaran. Yap, pagi itu saya bangun agaknya hampir kesiangan, namun masih terhitung pagi, yakni pukul 05.15. Bersegeralah saya mengambil wudhu dan bergegas sholat subuh. Entah mengapa pagi itu perut saya terasa lapar. Saya mencari-cari makanan, namun tak ada yang saya dapat. Hanya nasi dan sambal pecel. Karena sangat lapar, saya makan kedua makanan tersebut.

Selepas sholat Idul Adha, banyak orang-orang berkumpul di dekat rumah saya untuk mengantre pembagian daging qurban. Padahal, tempat yang dipakai akan menyembelih hewan qurban tersebut masih terkunci dan sepi, hanya ada tratak tak berkursi. Sejam, dua jam, tiga jam, makin ramai saja di dekat rumah saya ini. Setelah sholat dhuhur, orang-orang makin memadati jalanan di depan rumah saya, dari masjid sampai gang yang selisihnya dua rumah. Sangat padat sekali. Mereka berkali-kali jalan dari masjid sampai gang yang berselisih dua rumah. Berkali-kali mereka berjalan.

Dari sinilah, kita bisa mengambil pelajaran bahwa sekecil apapun barang, jika kita belum bisa mendapatkannya dan jika kita ingin mendapatkannya, maka kita harus bersabar, pantang menyerah, dan jangan putus asa. Semua bisa kita raih jika memang ada niat dan kemauan. 🙂

Silakan berkomentar :)

