Antara yang Penting dan Tidak

Tidak semua yang penting harus dirahasiakan. Ada kalanya kita berbicara tentang suatu hal yang penting dan membiarkan orang lain tahu mengenai hal tersebut. Karena tidak semua yang penting bisa jadi rahasia. Kita harus pintar memilih mana yang bisa jadi rahasia dan mana yang tidak bisa jadi rahasia. Hal ini sangat penting dan harus Anda perhatikan.

Jangan sampai Anda salah memasukkan niat Anda. Jika niat Anda tersebut adalah rahasia, maka janganlah Anda bicarakan kepada orang lain. Namun, ada kalanya orang lain mengetahui rahasia kita. Entah itu secara sengaja atau tidak. Maka dari itu, kita harus berhati-haati terhadap apa yang kita bicarakan. Jangan sampai orang lain mengetahui rahasia kita.

Jika suatu pembicaraan Anda anggap penting, maka Anda tidak harus memberitahukannya kepada orang lain. Namun jika suatu pembicaraan Anda anggap umum dan semua orang tahu, mungkin Anda bisa membicarakannya dengan orang lain dengan berbagai pertimbangan, asal itu tidak menyinggung masalah pribadi. Anda harus berhati-hati dalam mengungkapkan apa yang Anda ucapkan. Jika suatu halyang Anda ungkapkan salah, bisa saja orang lain tersinggung walaupun ia tak menampakkan hal tersebut pada Anda.

Berbagai macam sifat manusia, ada yang bisa ditebak dan ada juga yang tidak. Maka dari itu, Anda tidak bisa asal bicara. Anda harus menyaring terlebih dahulu apa yang akan Anda bicarakan. Anda tidak boleh menyakiti perasaan orang lain. Anda juga harus perhatikan orang lain di sekitar Anda jika ingin membicarakan sesuatu hal. Jangan sampai Anda salah tempat waktu Anda bicara.

Jika Anda ingin mulai membicarakan suatu hal kepada orang di sekitar Anda, Anda harus dapat mengomunikasikannya dengan baik dengan orang di sekitar Anda. Jangan sampai orang di sekitar Anda tidak mengetahui apa yang Anda bicarakan. Anda harus dapat menjelaskan apa yang Anda maksudkan dengan bahasa yang dapat mereka mngerti. Jangan sampai Anda berbicara sesuatu hal yang penting kepada orang di sekitar Anda, tetapi mereka hanya diam tanpa jawaban. Jika hal itu terjadi, artinya Anda  belum dapat berkomunikasi dengan baik dan Anda harus melatih diri Anda agar dapat berkomunikasi dengan lebih baik lagi.

Advertisements

Silakan berkomentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s