Nuzulul Qur’an

Wah, tidak terasa sekarang sudah tanggal 17 Agustus dan tidak terasa pula kita umat Islam sudah menjalani puasa 17 hari. Bagaimana kabar puasa kalian? Saya hanya berharap puasanya lancar-lancar saja dan semoga amal-amal baik yang telah kita lakukan di bulan Ramadhan ini diterima Allah SWT. Naah, karena bertepatan dengan HUT RI yang ke 66 dan nuzulul Qur’an, maka kali ini saya akan membahas nuzulul Qur’an.

Nuzulul Qur’an secara harfiah berarti urunnya Al Qur’an (kitab suci agama Islam) adalah istilah yang merujuk kepada peristiwa penting penurunan wahyu Allah pertama kepada nabi dan rasul terakhir agama Islam yakni Nabi Muhammad SAW (wikipedia.org). Banyak orang pada malam nuzulul Qur’an  mengadakan pengajian. Turunnya Al-Qur’an kali pertama adalah di Gua Hira, dibawakan oleh Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW.  Pada saat itu, yang dibawa adalah Surat Al Alaq ayat 1-5, dalam terjemahannya berarti :

  1. Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan
  2. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.
  3. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah,
  4. Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam
  5. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya

Merayakan Nuzulul Quran yang terbaik dimata Allah SWT dengan selalu berprinsip berada dijalannya, serta melaksanakan perintahnya dan menjauhi segala larangannya. Hal ini berarti kita harusnya memperbanyak membaca Al-Qur’an pada malam nuzulul Qur’an dan mendirikan sholat.

Advertisements

Silakan berkomentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s